PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI SISTEM KREDIT SEMESTER (SKS) (STUDI KASUS DI SMA TAKHASSUS AL-QUR’AN WONOSOBO)

SALIS IRVAN FUADI, NIM. 1420411027 (2016) PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI SISTEM KREDIT SEMESTER (SKS) (STUDI KASUS DI SMA TAKHASSUS AL-QUR’AN WONOSOBO). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI SISTEM KREDIT SEMESTER (SKS) (STUDI KASUS DI SMA TAKHASSUS AL-QUR’AN WONOSOBO))
1420411027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI SISTEM KREDIT SEMESTER (SKS) (STUDI KASUS DI SMA TAKHASSUS AL-QUR’AN WONOSOBO))
1420411027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian tentang Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Melalui Sistem Kredit Semester (SKS) (Studi Kasus di SMA Takhssus Al-Qur’an Wonososbo) dilatarbelakangi oleh gagasan bahwa pendidikan harus tanggap, inovatif dan aspiratif sesuai dengan apa yang dibutuhkan masyarakat. Namun tidak mengesampingkan amanat Sisdiknas Bab X Pasal 36 Ayat 1. Latarbelakang tersebut mendorong penulis untuk melakukan eksplorasi guna mengungkap pokok permasalahan mengenai pengembangan kurikulum PAI melalui Sistem Kredit Semester (SKS) di SMA Takhassus Al-Qur’an Kalibeber Wonosobo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan kurikulum PAI melalui Sistem Kredit Semester (SKS) di SMA Takhassus Al-Qur’an Wonosobo. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reseach) yang bersifat kualitatif yang berusaha mendeskripsikan data-data yang diperoleh dari lapangan maupun literatur yang berkaitan dengan pembahasan. Fokus penelitian ini adalah SMA Takhassus Al-Qur’an Wonosobo. Untuk mendapatkan data digunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keseluruhan data analisis dengan tahapan: 1. Mereduksi data, 2. Menyajikan data, dan 3. Menyimpulkan hasil penelitian. Penelitian ini menghasilkan temuan, yaitu: pertama, konsep pelaksanaan Sistem Kredit Semester (SKS) yang diterapkan di SMA Takhassus Al-Qur’an tampak pada persyaratan penyelenggaraan yang berpedoman pada kategori sekolah mandiri, penyelenggaraan pembelajaran yang menggunakan sistem moving classroom, serta menerapkan pola pembelajaran on/off sehingga peserta didik dapat memilih beban belajar dan mata pelajaran sesuai kemampuan masingmasing, beban belajar yang harus ditempuh peserta didik yaitu 133 SKS.Kedua, secara parsial implementasi pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui Sistem Kredit Semester (SKS) di SMA Takhassus Al-Qur’an Kalibeber Wonosobo diterapkkan pada kompetensi, materi, metode dan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI).Ketiga, pengaruh pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui Sistem Kredit Semester tersebut. Yakni berupa dampak positif dan negatif ditinjau dari beberapa aspek, yaitu peserta didik masih sedikit kurang paham tentang Sistem Kredit Semester (SKS) tetapi mereka juga merasa tertantang dan termotivasi untuk belajar lebih giat. Untuk para pendidik, secara administratif memang cukup banyak yang harus dikerjakan, tetapi mereka merasa lebih termotivasi untuk menambah wawasan materi PAI. Sedangkan untuk kepala sekolah, hal ini menjadi tolak ukur dalam mencapai visi, misi dan tujuan sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Muqowim, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kurikulum, Pendidikan Agama Islam, Sistem Kredit Semester(SKS)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Apr 2016 14:28
Last Modified: 28 Apr 2016 14:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20529

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum