KEDUDUKAN METODE DAN MOTIVASI DALAM PEMBELAJARAN TAHFIZUL QURAN (STUDI KASUS DI KOMUNITAS PENGHAFAL AL-QUR’AN DESA BULAKAN, MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH BULAKAN DAN PONDOK PESANTREN QORYATUL QUR’AN WERU KABUPATEN SUKOHARJO)

TRIYONO, NIM. 1420411116 (2016) KEDUDUKAN METODE DAN MOTIVASI DALAM PEMBELAJARAN TAHFIZUL QURAN (STUDI KASUS DI KOMUNITAS PENGHAFAL AL-QUR’AN DESA BULAKAN, MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH BULAKAN DAN PONDOK PESANTREN QORYATUL QUR’AN WERU KABUPATEN SUKOHARJO). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEDUDUKAN METODE DAN MOTIVASI DALAM PEMBELAJARAN TAHFIZUL QURAN (STUDI KASUS DI KOMUNITAS PENGHAFAL AL-QUR’AN DESA BULAKAN, MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH BULAKAN DAN PONDOK PESANTREN QORYATUL QUR’AN WERU KABUPATEN SUKOHARJO))
1420411116_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KEDUDUKAN METODE DAN MOTIVASI DALAM PEMBELAJARAN TAHFIZUL QURAN (STUDI KASUS DI KOMUNITAS PENGHAFAL AL-QUR’AN DESA BULAKAN, MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH BULAKAN DAN PONDOK PESANTREN QORYATUL QUR’AN WERU KABUPATEN SUKOHARJO))
1420411116_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian tentang kedudukan metode dan motivasi dalam pembelajaran tahfizul quran dilatarbelakangi Kedisiplinan dan keuletan dalam menghafal Al-Qur‟an tidaklah cukup, dibutuhkan metode yang tepat. Dalam dunia proses belajar mengajar (PBM), metode jauh lebih penting dari materi. Demikian urgennya metode dalam proses pendidikan dan pengajaran. Namun, seberapa baik metode yang digunakan tidaklah berguna jika tanpa motivasi, penghafal Al-Qur‟an sangat membutuhkan motivasi dengan adanya motivasi akan lebih semangat dalam cepat menghafal Al-Qur‟an. Latarbelakang tersebut mendorong penulis untuk melakukan eksplorasi guna mengungkap pokok permasalahan mengenai kedudukan metode dan motivasi dalam pembelajaran tahfizul quran di Komunitas Penghafal Al-Qur‟an, Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Bulakan dan Pondok Pesantren Qoryatul Qur‟an. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kedudukan metode dan motivasi dalam pembelajaran tahfizul quran di Komunitas Penghafal Al-Qur‟an, Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Bulakan dan Pondok Pesantren Qoryatul Qur‟an. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kombinasi kualitatif dan kuantitatif yang berusaha mendeskripsikan data-data yang diperoleh dari lapangan maupun literatur yang berkaitan dengan pembahasan. Fokus penelitian ini adalah Komunitas Penghafal Al-Qur‟an, Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Bulakan dan Pondok Pesantren Qoryatul Qur‟an. Untuk mendapatkan data digunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan test skala motivasi. Keseluruhan data analisis dengan tahapan: 1. Mengumpulkan data 2. Mereduksi data, 3.Menyajikan data, dan 4. Menyimpulkan hasil penelitian. Penelitian ini menghasilkan temuan, yaitu: Pertama,. metode yang digunakan oleh Komunitas Penghafal Al-Qur‟an dalam pembelajaran tahfizul quran berupa metode talaqqi. Namun, bagi anggota yang masih kecil ataupun lansia, menggunakan metode One Day One Ayat. Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Bulakan menggunakan metode takrir dan One Day Ten Ayat. Untuk Pondok Pesantren Qoryatul Qur‟an dengan metode menghafal sendiri.Kedua, motivasi yang dimiliki oleh masing-masing tempat adalah tinggi, sedang dan tinggi.Ketiga, Kedudukan metode dan motivasi dalam pembelajaran tahfizul quran di Komunitas Penghafal Al-Qur‟an, Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Bulakan dan Pondok pesantren Qoryatul Qur‟an memiliki hubungan yang sangat penting dalam proses menghafal Al-Qur‟an. kedudukan keduanya penting, sebab metode yang baik memudahkan untuk menghafal dan motivasi yang tinggi mempercepat dalam menghafal Al-Qur‟an.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Abdul Mustaqim. M.Ag
Uncontrolled Keywords: Metode, Motivasi, Tahfizul Qura>n
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Apr 2016 14:47
Last Modified: 28 Apr 2016 14:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20535

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum