PERKAWINAN BEDA AGAMA DI INDONIESIA DAN THAILAND (Studi Perbandingan Undang-Undang No. 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan di Indonesia Dan Hukum Keluarga di Thailand)

MISS SASITHORN SEMSAMAI, NIM. 12360009 (2016) PERKAWINAN BEDA AGAMA DI INDONIESIA DAN THAILAND (Studi Perbandingan Undang-Undang No. 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan di Indonesia Dan Hukum Keluarga di Thailand). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERKAWINAN BEDA AGAMA DI INDONIESIA DAN THAILAND (Studi Perbandingan Undang-Undang No. 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan di Indonesia Dan Hukum Keluarga di Thailand))
12360009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERKAWINAN BEDA AGAMA DI INDONIESIA DAN THAILAND (Studi Perbandingan Undang-Undang No. 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan di Indonesia Dan Hukum Keluarga di Thailand))
12360009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Perkawinan beda agama merupakan fenomena global yang akhir-akhir ini menggejala di dunia, baik itu di Indonesia maupun di Thailand. Kemunculannya pun seoalah tidak bisa dibendung lagi akibat adanya perkembangan zaman yang seoalah tidak ada sekat dalam pergaulan global di dunia ini. Perkawinan yang sejatinya merupakan sebuah ikatan suci antara laki-laki dengan perempuan yang disatukan oleh rasa saling mencintai dan menyayangi satu sama lain dengan tujuan untuk membentuk keluarga (rumah tangga) yang bahagia, dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa. Dengan adanya pasangan yang melakukan perkawinan beda agama, dengan kata lain pasangan yang memiliki agama dan keyakinan yang berbeda maka aspek religius yang ada dalam sebuah perkawinan bisa menjadi hambatan dalam proses sahnya hukum perkawinan di suatu negara. Di Indonesia maupun di Thailand sesungguhnya tidak ada hukum yang mengatur dengan jelas mengenai persoalan perkawinan beda agama. Sehingga tentu tidak ada kejelasan hukum perkawinan bagi pasangan yang menikah beda agama. Akan tetapi perbedaan hukum yang mengatur tentang persoalan perkawinan di kedua negara bisa memiliki makna lain bagi pasangan yang melakukan perkawinan beda agama. Undang-Undang Perkawinan di Indonesia mengharuskan perkawinan dilakukan berdasarkan hukum agama, sementara itu UU Perkawinan di Thailand tidak berdasarkan agama sebagai landasan hukum perkawinan, melainkan harus dicatatkan saja. Dalam penyusunan skripsi ini, peneliti menggunakan pendekatan normatif-yuridis dengan mengkaji pendekatan gambaran yang objektif masalah perkawinan beda agama dengan mendasarkan pada kitab undang-undang, ahli hukum baik di Indonesia maupun di Thailand. Kemudian dalam penelitian ini juga membahas seputar sistem hukum di Negara Indonesia dan di Negara Thailand yang berkaitan dengan sistem peraturan perundang-undangan tentang perkawinan beda agama. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa perkawinan di Indonesia adalah perkawinan berdasarkan hukum agama, sehingga perkawinan yang dilaksanakan tidak berdasarkan atau menyalahi hukum agama tidak dianggap sah. Pasal-pasal tentang perkawinan menyatakan bahwa hukum perkawinan di Indonesia merupakan hukum agama dan atau mengakomodasi hukum agama-agama di Indonesia. Dengan kata lain, masih terdapat pluralitas dalam unifikasi hukum, yaitu hukum perkawinan menurut agama Islam, menurut agama Katholik, menurut agama Kristen, Hindu, Budha dan Kong Hucu. Sementara UU Perkawinan di Thailand tidak mensyaratkan perkwinan dijalankan berdasarkan agama masing-masing, melainkan perkawinan sah apabila telah memenuhi syarat dan dicatatkan di kantor pencatatan perkawinan. Dengan kata lain perkawinan beda agama dianggap sah di Thailand.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: DR. SRI WAHYUNI, M.Ag., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Perkawinan beda agama
Subjects: Perbandingan Madzhab
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzab (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Jun 2016 00:41
Last Modified: 03 Jun 2016 00:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20561

Actions (login required)

View Item View Item