PENGEMBANGAN VIDEO DAN ANIMASI EDUKASI BERBASIS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN MATERI POKOK SISTEM KOLOID UNTUK SMA/MA KELAS XI SEMESTER 2

NOVALINA NUR SRI WULANDARI, NIM. 10670058 (2016) PENGEMBANGAN VIDEO DAN ANIMASI EDUKASI BERBASIS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN MATERI POKOK SISTEM KOLOID UNTUK SMA/MA KELAS XI SEMESTER 2. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN VIDEO DAN ANIMASI EDUKASI BERBASIS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN MATERI POKOK SISTEM KOLOID UNTUK SMA/MA KELAS XI SEMESTER 2)
10670058_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN VIDEO DAN ANIMASI EDUKASI BERBASIS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN MATERI POKOK SISTEM KOLOID UNTUK SMA/MA KELAS XI SEMESTER 2)
10670058_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan adalah pengembangan video dan animasi edukasi berbasis pembelajaran kontekstual dengan materi pokok sistem koloid. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui karakteristik proses pengembangan dan produk yang berupa video dan animasi edukasi berbasis pembelajaran kontesktual dengan materi pokok sistem koloid untuk SMA/MA kelas XI semester 2, (2) mengetahui kualitas produk yang berupa video dan animasi edukasi berbasis pembelajaran kontesktual dengan materi pokok sistem koloid untuk SMA/MA kelas XI semester 2 berdasarkan penilaian ahli media dan ahli materi. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4- D(Define, Design, Development, Disseminate). Produk awal ditinjau oleh dosen pembimbing, ahli materi, ahli media, dan peer reviewer. Subjek penilai kualitas produk akhir meliputi 1 ahli materi, dan 1 ahli media. Selain itu, produk akhir tersebut juga direspon oleh 3 pendidik dan 20 peserta didik SMA kelas XII. Instrumen penilaian kualitas terhadap produk akhir yang digunakan berupa lembar skala Guttman yang berisi 8 aspek, yaitu kebenaran, keluasan dan kedalaman konsep, kebahasan yang digunakan, tampilan gambar video, tampilan gambar animasi, tampilan suara, alur cerita, format sajian, serta keterlaksanaan dan kemudahan penggunaan. Hasil penilaian kualitas dan respon berupa data kuantitatif, dianalisis dengan pedoman kategori untuk menentukan kualitas penilaian video dan animasi edukasi berbasis pembelajaran kontekstual. Produk video dan animasi edukasi tersaji dalam bentuk file video yang dikembangkan dengan berbasis pembelajaran kontekstual. Hasil penilaian kualitas produk akhir yang dikembangkan memperoleh skor rata-rata jawaban keseluruhan untuk ahli materi sebesar 23 dari skor maksimal 27 dengan kategori Sangat Baik (SB), dan ahli media sebesar 17 dari skor maksimal 19 dengan kategori Sangat Baik (SB). Hasil respon produk akhir oleh 3 pendidik kimia SMA memperoleh persentase 97,70% dengan kategori Sangat Baik (SB) dan hasil respon produk akhir oleh 20 peserta didik SMA kelas XII memperoleh persentase 87,10% dengan kategori Sangat Baik (SB). Berdasarkan hal tersebut, maka produk ini dapat digunakan sebagai salah satu sumber belajar untuk peserta didik SMA/MA kelas XI semester 2. Kata Kunci: video edukasi, animasi edukasi, model penelitian pengembangan, pembelajaran kontekstual, koloid

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Nina Hamidah, M.A
Uncontrolled Keywords: video edukasi, animasi edukasi, model penelitian pengembangan, pembelajaran kontekstual, koloid
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Jun 2016 01:36
Last Modified: 02 Jun 2016 01:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20573

Actions (login required)

View Item View Item