PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUIZ TEAM TERHADAP TANGGUNG JAWAB DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK

YUNI ASTUTI, NIM. 12670011 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUIZ TEAM TERHADAP TANGGUNG JAWAB DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUIZ TEAM TERHADAP TANGGUNG JAWAB DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK)
12670011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUIZ TEAM TERHADAP TANGGUNG JAWAB DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK)
12670011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji ada tidaknya pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran aktif tipe Quiz Team terhadap tanggung jawab dan hasil belajar kognitif peserta didik. Materi yang digunakan yaitu larutan elektrolit nonelektrolit pada kelas X semester 2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MIA MAN Maguwoharjo yang terdiri dari X MIA 1 dan X MIA 2. Kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh, seluruh populasi dijadikan sampel. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan secara acak. Uji hipotesis yang digunakan pada penelitian ini adalah uji t dengan taraf signifikansi 5%. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dan desain Nonequivalent Control Group Design. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah: skala sikap tanggung jawab, soal kognitif, dan observasi keterlaksanaan pembelajaran. Pengukuran sikap tanggung jawab menggunakan instrumen skala sikap tanggung jawab, sedangkan pengukuran hasil belajar kognitif menggunakan soal kognitif. Lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran digunakan untuk mengetahui persentase keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan hasil uji t posttest skala sikap tanggung jawab diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,406 lebih besar dari taraf signifikansi 0,05 artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan sikap tanggung jawab kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji hipotesis yaitu uji Mann Whitney nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai sig. (2-tailed) posttet yaitu 0,158 > taraf signifikansi 0,05 sehingga tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar aspek kognitif peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas kontrol memperoleh nilai sikap tanggung jawab lebih tinggi dari pada kelas eksperimen pada aspek disiplin, berpikir sebelum bertindak, tekun, tidak mudah putus asa dan terkonsep. Kelas eksperimen memperoleh nilai lebih tinggi dari pada kelas kontrol pada aspek bertanggung jawab atas tindakan yang dilakukan dan aspek menjadi contoh yang baik bagi orang lain. Kata Kunci: sikap tanggung jawab, hasil belajar kognitif, model pembelajaran akif tipe quiz team.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Jamil Suprihatiningrum, M.Pd.Si,
Uncontrolled Keywords: sikap tanggung jawab, hasil belajar kognitif, model pembelajaran akif tipe quiz team.
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 Jun 2016 10:51
Last Modified: 06 Jun 2016 10:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20577

Actions (login required)

View Item View Item