EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN AKTIF LEARNING START WITH A QUESTION DENGAN STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS XI SMA N 8 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

REZKY FAZRYATU MAQVIROH, NIM. 12670018 (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN AKTIF LEARNING START WITH A QUESTION DENGAN STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS XI SMA N 8 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN AKTIF LEARNING START WITH A QUESTION DENGAN STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS XI SMA N 8 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016)
12670018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN AKTIF LEARNING START WITH A QUESTION DENGAN STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS XI SMA N 8 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016)
12670018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) efektivitas model pembelajaran aktif learning start with a question dengan strategi think-talk-write (ttw) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi pokok asam basa kelas XI semester genap SMA N 8 Yogyakarta tahun pelajaran 2015/2016. 2) efektivitas model pembelajaran aktif learning start with a question dengan strategi think-talk-write (ttw) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi pokok asam basa kelas XI semester genap SMA N 8 Yogyakarta tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperiment dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Pre-test dan Post-test Design. Penelitian dilakukan di SMA N 8 Yogyakarta kelas XI semester genap tahun pelajaran 2015/2016 pada materi pokok asam basa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA yang terdiri dari 7 kelas. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA 4 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas XI MIA 3 (sebagai kelas kontrol). Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengambilan data pada penelitian ini dengan cara tes yakni pre-test dan post-test, pengisian skala, dan observasi. Teknik analisis data dilakukan dengan uji t Hasil penelitian menunjukkan 1) terdapat perbedaan yang positif dan signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran aktif learning start with a question dan strategi think-talk-write dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai Sig. (2-tailed) dari uji t < 0,05 yaitu sebesar 0,019. 2) terdapat perbedaan yang positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran aktif learning start with a question dan strategi think-talk-write dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai Sig. (2-tailed) dari uji t < 0,05 yaitu sebesar 0,001. Kata Kunci: model pembelajaran aktif learning start with a question dengan strategi think-talk-write (ttw), kemampuan pemecahan masalah, dan berpikir kreatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Asih Widi Wisudawati, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran aktif learning start with a question dengan strategi think-talk-write (ttw), kemampuan pemecahan masalah, dan berpikir kreatif.
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Jun 2016 01:15
Last Modified: 01 Jun 2016 01:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20578

Actions (login required)

View Item View Item