K.H. A. WARSON MUNAWWIR DAN DUNIA PESANTREN (KIPRAHNYA DALAM PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN 1947-2013 )

NUR ROKHIM, NIM: 11120037 (2016) K.H. A. WARSON MUNAWWIR DAN DUNIA PESANTREN (KIPRAHNYA DALAM PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN 1947-2013 ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
11120037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text
11120037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (983kB)

Abstract

K.H. Ahmad Warson Munawwir adalah salah satu putra dari K.H. M. Munawwir, pemegang sanad qira’ah sab’ah sekaligus pendiri Pesantren al- Qur’an di Yogyakarta yakni Pesantren al-Munawwir Krapyak. Sepeninggal ayahnya, dia dididik oleh K.H. Ali Maksum yang merupakan kakak iparnya sendiri. Berkat kecerdasan yang dimiliki, di umur yang masih belia, yakni umur 13 tahun, dia diminta mengajar alfiyah oleh K.H. Ali Maksum di pesantren peninggalan ayahnya tersebut. Sebagai seorang kiai, KH. Ahmad Warson Munawwir tidak hanya berkecimpung dalam dunia pendidikan pesantren. Dia juga aktif berorganisasi. Dia pernah tercatat sebagai ketua GP-Ansor wilayah Yogyakarta periode 1965- 1968. Dia juga pernah menjadi ketua Gemuis (Gerakan Muda Islam) Yogyakarta. Tahun 1977-1982, dia dipercaya duduk di kursi DPRD DIY mewakili Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Setelah keluar dari kepengurusan PPP, dia lantas memprakarsai berdirinya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Yogyakarta dan berkedudukan sebagai Dewan Syura. Ketika banyak masalah di internal PKB, dia kemudian keluar. Bersama kiai-kiai lain, dia lantas membidani lahirnya Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU). Selain aktif di berbagai organisasi politik, dia juga pernah tercatat sebagai Pemimpin Redaksi Harian Duta Masyarakat cabang Yogyakarta. Harian Duta Masyarakat merupakan koran milik NU yang didirikan tahun 1953. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan biografi. Sementara itu, teori yang digunakan dalam penelitian ini teori penulisan biografi milik Kuntowijoyo. Menurutnya, penulisan biografi seharusnya mengandung empat hal, yakni kepribadian tokoh, kekuatan sosial yang mendukung, lukisan sejarah zamannya dan kesempatan yang datang. Dengan menggunakan teori penulisan biografi milik Kuntowijoyo, penulis mencoba menggambarkan sosok K.H. A. Warson Munawwir dan kiprahnya dalam pendidikan di PP. al-Munawwir Krapyak Yogyakarta. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa K.H. A. Warson Munawwir memiliki kontribusi yang nyata dalam dunia pendidikan di PP. Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta. Dalam pendidikan keagamaan, ia berhasil mendirikan Pesantren al-Munawwir Komplek Q yang kini berkembang pesat. Dalam pendidikan kewirausahaan, jurnalistik dan politik, Kyai Warson juga memiliki peran penting di dalamnya, yakni memberikan keteladanan atau aksi nyata kepada para santri melalui aktivitasnya di dunia wirausaha, jurnalistik maupun politik. Berkat aksi nyata tersebut, para santrinya kemudian termotivasi untuk mengikuti jejak langkahnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: ZUHROTUL LATIFAH, S.AG., M.HUM
Uncontrolled Keywords: PP. al-Munawwir Krapyak Yogyakarta
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 04 May 2016 09:20
Last Modified: 01 Jun 2016 08:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20579

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum