MARHUMAH, - (2011) INTEGRASI GENDER DALAM KURIKULUM FAKULTAS TARBIYAH UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (Telaah Atas Satuan Acara Perkuliahan (SAP) Dosen PAl dan PG:MI) Tahun 2011. In: DINAMIKA PRAKSIS PENDIDIKAN ISLAM. Bunga Rampai, Vol. 1 (No. 1). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan, Yogyakarta, pp. 17-34. ISBN 978-602-9073-29-4 (In Press)
|
Text (DINAMIKA PRAKSIS PENDIDIKAN ISLAM)
DINAMIKA PRAKSIS PENDIDIKAN ISLAM +.pdf - Published Version Download (18MB) | Preview |
Abstract
Secara definisi, gender adalah sebuah atribut dan pernilikan yang dibentuk secara kultural yang ada pada laki-laki atau perempuan. Dalam pengertian lain gender membedakan struktur setiap aspek kehidupan manusia. 1 Sebagai sebuah isu baru, gender merupakan konsep yang mengacu pada seperangkat · at, peran dan tanggungjawab, fungsi , hak dan perilaku yang melekat pada diri laki-laki dan perempuan akibat bentukan budaya.2 Masyarakatlah yang menciptakan sikap dan perilaku berdasarkan gender, yang menentukan apa 'angseharusnya membedakan perempuan dan laki-laki. Keyakinan tersebut di\ ariskan secara turun temurun, melalui proses sosialisasi baik dalam 'eluarga, masyarakat dan lembaga pendidikan.
Item Type: | Book Section |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gender, pendidikan |
Subjects: | Kependidikan Islam |
Divisions: | Artikel (Terbitan Luar UIN) |
Depositing User: | Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id) |
Date Deposited: | 04 May 2016 09:56 |
Last Modified: | 04 May 2016 09:56 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20581 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |