BUDI UTOMO DAN MUHAMMADIYAH (RELASI POLITIK PERJUANGAN ORGANISASI BERBASIS NASIONALIS DAN SOSIAL KEAGAMAAN)1909-1920

IMAM ROFI’I, NIM. 11120097 (2016) BUDI UTOMO DAN MUHAMMADIYAH (RELASI POLITIK PERJUANGAN ORGANISASI BERBASIS NASIONALIS DAN SOSIAL KEAGAMAAN)1909-1920. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BUDI UTOMO DAN MUHAMMADIYAH (RELASI POLITIK PERJUANGAN ORGANISASI BERBASIS NASIONALIS DAN SOSIAL KEAGAMAAN)1909-1920)
11120097_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BUDI UTOMO DAN MUHAMMADIYAH (RELASI POLITIK PERJUANGAN ORGANISASI BERBASIS NASIONALIS DAN SOSIAL KEAGAMAAN)1909-1920)
11120097_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Gagasan awal yang melatarbelakangi penulisan skripsi ini adalah, didasari oleh sebuah organisasi yang berbasis nasionalis. Organisasi tersebut adalah Budi Utomo (BU). Organisasi BU mempunyai pandangan netral terhadap keberadaan agama di nusantara. Hal tersebut berarti organisasi BU tidak ambil bagian dalam masalah keagamaan. Walaupun mempunyai pandangan netral terhadap agama, namun organisasi tersebut mendukung berdiri organisasi Islam yaitu Muhammadiyah. Hal ini menarik untuk dikaji secara mendalam, karen bagaimana sebuah organisasi yang mempunyai pandangan netral terhadap agama, namun teryata memberikan dukungan atas berdirinya organisasi Islam yaitu Muhammadiyah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan politik. Pengertian politik secara definitif menyangkut kegiatan yang berhubungan dengan negara dan pemerintah. Fokus perhatian ilmu politik, lebih tertuju pada perkembangan hukum dan kebijakan-kebijakan sosial yang meliputi beberapa aspek seperti, partai-partai politik, komunikasi dan pendapat umum. Teori yang digunakan dalam penelitaian ini yaitu Teori pertukaran sosial. Dalam penelitian sejarah menurut George Casper Homans yaitu, mengangkat otonomi individu melalui interaksinya dengan struktur sosial. Ciri terpenting dari teori pertukaran sosial ini terletak pada analisisnya mengenai hubungan sosial menurut cost and reward. Teori Homans ini beragkat dari asumsi ekonomi dasar (pilihan rasional), yaitu individu memberi apa dan mendapatkan apa, apakah menguntugkan ataupun tidak.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pertama, heuristik dengan cara mengumpulkan dokumen. Kedua, verifikasi yaitu mengkritisi sumber internal dan eksternal. Ketiga, interpretasi yaitu menganalisis sumber yang kemudian dianalisis dan disintesisikan. Keempat, historiografi adalah pemaparan hasil penelitian yang dilakukan. Hasil dari penelitian skripsi ini yaitu, dapat menjelaskan bagaimana sebuah organisasi BU yang mempunyai pandangan netral terhadap agama, namun teryata memberikan dukungan atas berdirinya sebuah organisasi Islam yaitu Muhammadiyah. Ini dilakukan oleh organisasi BU karena ternyata pandangan netral yang dianut oleh organisasi BU bukan suatu hal yang permanen. Dalam artian pandangan netral ini dapat berubah menjadi dukungan. Namun, dengan catatan dukungan yang dilakukan tidak menimbulkan konflik internal di dalam anggota organisasi BU

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: IBU HERAWATI S. AG., M. PD,
Uncontrolled Keywords: Budi Utomo, sosial keagamaan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 09 May 2016 09:56
Last Modified: 09 May 2016 09:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20597

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum