BENTUK PARTISIPASI POLITIK PEMILIH PEMULA DI DESA SUMBER JAYA KECAMATAN TAMBUN SELATAN KABUPATEN BEKASI DALAM PILPRES 2014

YOGI PERDANA WIJAYA, NIM. 11720013 (2016) BENTUK PARTISIPASI POLITIK PEMILIH PEMULA DI DESA SUMBER JAYA KECAMATAN TAMBUN SELATAN KABUPATEN BEKASI DALAM PILPRES 2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BENTUK PARTISIPASI POLITIK PEMILIH PEMULA DI DESA SUMBER JAYA KECAMATAN TAMBUN SELATAN KABUPATEN BEKASI DALAM PILPRES 2014)
11720013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BENTUK PARTISIPASI POLITIK PEMILIH PEMULA DI DESA SUMBER JAYA KECAMATAN TAMBUN SELATAN KABUPATEN BEKASI DALAM PILPRES 2014)
11720013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Demokrasi memberikan kebebasan seluas-luasnya kepada masyarakat untuk menentukan hak politiknya dalam pemilihan umum. Pemilihan umum selain sebagai instrumen adanya sistem demokrasi, juga menjadi barometer utama tentang sejauh mana partisipasi politik masyarakat. Dalam hal ini kesadaran politik warga negara menjadi faktor determinan dalam partisipasi politik masyarakat, terutama di kalangan pemilih pemula. Sejarah pemilu di Indonesia secara nasional selalu mengalami penurunan. Hal ini terjadi karena dilatarbelakangi oleh berbagai faktor. Namun, kendati partisipasi masyarakat di tingkat nasional mengalami penurunan, bukan berarti hal ini juga terjadi di tingkat lokal. Desa Sumber Jaya merupakan salah satu desa yang berada di Kabupaten Bekasi yang dalam tiga kali terselenggaranya pemilu pilpres sejak tahun 2004 sampai 2014 jumlah partisipasi masyarakatnya justru meningkat, termasuk partisipasi pemilih pemulanya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk partisipasi politik pemilih pemula dan faktor pendorong terjadinya partisipasi politik pemilih pemula. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan yang bersifat kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori partisipasi politik yang dicetuskan oleh Michael Rush dan Philip Althoff. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Sumber Jaya. Subyek penelitian ini adalah remaja yang sudah genap berusia 17 tahun saat terselenggaranya pilpres 2014. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan pertama, bentuk partisipasi politik pemilih pemula adalah pemberian suara, kampanye, dan diskusi politik. Kedua, faktor pendorong terjadinya partisipasi politik pemilih pemula meliputi kepedulian terhadap nasib bangsa, kesadaran politik untuk berpartisipasi, rasa ingin tahu, figur seorang pemimpin, dan praktek politik uang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Muryanti, S.Sos., M.A.,
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Politik, Pemilih Pemula
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 09 May 2016 03:10
Last Modified: 09 May 2016 03:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20598

Actions (login required)

View Item View Item