KESENIAN PEK BUNG TRI MANUNGGAL SARI DI DUSUN GEDONGSARI KELURAHAN WIJIREJO KECAMATAN PANDAK KABUPATEN BANTUL

SULIKAH, NIM.: 11120113 (2016) KESENIAN PEK BUNG TRI MANUNGGAL SARI DI DUSUN GEDONGSARI KELURAHAN WIJIREJO KECAMATAN PANDAK KABUPATEN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KESENIAN PEK BUNG TRI MANUNGGAL SARI DI DUSUN GEDONGSARI KELURAHAN WIJIREJO KECAMATAN PANDAK KABUPATEN BANTUL)
11120113_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KESENIAN PEK BUNG TRI MANUNGGAL SARI DI DUSUN GEDONGSARI KELURAHAN WIJIREJO KECAMATAN PANDAK KABUPATEN BANTUL)
11120113_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 19 January 2016.

Download (1MB)

Abstract

Kesenian yang ada di Indonesia terdiri dari berbagai macam ragam. Seperti halnya di Daerah Istimewa Yogyakarta, khususnya di Kabupaten Bantul juga terdapat beraneka ragam kesenian. Salah satu kesenian yang hidup dan berkembang di Kabupaten Bantul adalah kesenian Pek Bung Tri Manunggal Sari. Kesenian Pek Bung adalah salah satu jenis musik dengan menggunakan alat musik dari bambu dan tembikar. Asal nama kesenian musik Pek Bung berasal dari suara bambu menghasilkan nada yang berbunyi pek dan suara karet ban yang dipasang pada tembikar (klenting) dan mengeluarkan suara bung. Maka kemudian jenis musik ini disebut dengan nama musik Pek Bung. Dusun Gedongsari, Desa Wijirejo, Pandak, Bantul berusaha untuk tetap melestarikan kesenian ini melalui Paguyuban Pek Bung dengan nama paguyuban Tri Manunggal Sari. Keunikan dalam musik Pek Bung ini adalah jenis musik yang dimainkan menggunakan peralatan lokal tradisional yang dipadukan dengan alat musik modern seperti menggunakan klenthing, bas sebul bambu, kentongan, marakas, kodok ngorek, triangle garputala, kendhang klenthing, keyboard, serta cuk dan cak. Lagu-lagu yang dinyanyikan dalam Pek Bung adalah lagu lagu keroncong, langgam dan sholawat. Musik ini nampak harmonis walaupun alat yang dimainkan sangat sederhana. Dalam penelitian ini, peneliti menarik sebuah pokok permasalahan yang diteliti, yaitu: bagaimana sejarah berdirinya kesenian Pek Bung Tri Manunggal Sari, bagaimana proses jalannya pertunjukan kesenian Pek Bung Tri Manunggal Sari dan apa saja nilai dan fungsi yang terkandung di dalam pertunjukan kesenian Pek Bung Tri Manunggal Sari? Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teori Fungsionalisme Malinowski yaitu bahwa segala aktivitas kebudayaan itu sebenarnya bermaksud memuaskan suatu rangkaian dari sejumlah kebutuhan naluri makhluk manusia yang berhubungan dengan seluruh kehidupannya. Kesenian sebagai contoh dari salah satu unsur kebudayaan misalnya, terjadi karena mula-mula manusia ingin memuaskan kebutuhan nalurinya akan keindahan. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode wawancara, metode observasi dan dokumentasi, sehingga penelitian ini diharapkan memperoleh data yang benar dan sesuai kenyataan, agar tercapai penelitian yang valid. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesenian Pek Bung Tri Manunggal Sari, Desa Wijirejo, Kecamatan Pandak, Kabupaten Bantul memiliki beberapa nilai dan fungsi yang terkandung di dalamnya,yaitu nilai Islam, nilai sosial, nilai budaya. Sedangkan fu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: BADRUN M. SI
Uncontrolled Keywords: Kesenian Pek Bung
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 09 May 2016 13:48
Last Modified: 09 May 2016 13:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20603

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum