DIMENSI SOSIOLOGI PENDIDIKAN ISLAM : • Kultur Sekolah • Kultur Madrasah • Konsep Nilai Humanis-Religius • Pendidikan Nilai dan Implementasinya

SUBIYANTORO, - (2016) DIMENSI SOSIOLOGI PENDIDIKAN ISLAM : • Kultur Sekolah • Kultur Madrasah • Konsep Nilai Humanis-Religius • Pendidikan Nilai dan Implementasinya. Buku Ajar, Vol. 1 (No. 1). Samudra Biru, Yogyakarta. ISBN 978-902-9276-97-8 (In Press)

[img]
Preview
Text (DIMENSI SOSIOLOGI PENDIDIKAN ISLAM)
7. Buku Dimensi Sosiologi Pendidikan Islam 2016+.pdf - Published Version

Download (18MB) | Preview

Abstract

Puji syukur Alkhamdulillahi Robbil ‘Alamin, penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT, yang senantiasa melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan buku ini yang berjudul Dimensi Sosiologi Pendidikan Islam, yang meliputi pembahasan tentang kultur Sekolah dan Madrasah, konsep nilai humanis-religius, pendidikan nilai dan implementasinya. Buku ini terdiri dari lima bagian, dimulai dari orientasi umum sosiologi pendidikan Islam, dilanjutkan dengan pembahasan kultur Sekolah maupun Madrasah, kemudian nilai-nilai humanis-religius dalam pendidikan. Dua bagian terakhir dari buku ini membahas tentang pendidikan nilai humanis-religius dan implementasinya dalam dunia pendidikan dengan berbasis kultur Madrasah dan Sekolah. Pada bagian akhir pembahasan buku ini bersifat mengantarkan tentang bagaimana kerangka konseptual pendidikan nilai humanis religius melalui kultur Sekolah atau Madrasah. Keinginan menulis dan menerbitkan buku ini, tidak lain dilatar belakangi oleh kepedulian penulis terhadap kondisi masyarakat sekolah maupun masyarakat madrasah saat ini, yang nuansa pembelajarannya cenderung bersifat legal formal yang seakan mengejar target kelulusan semata. Sehingga nuansa pendidikan yang berlangsung kadang cenderung menekan peserta didik, akibatnya dalam bidang religiusitasnyapun bersifat pemahaman dan pengamalan yang parsial dan tidak utuh. Padahal agama itu seharusnya difahami dan diamalkan tidak sekedar ritual, tetapi semestinya menjadi “sistem kehidupan” setiap manusia, yang perlu dididikkan kepada peserta didik di Sekolah atau Madrasah secara manusiawi juga. Itulah kemudian mengapa muncul ide tentang bagaimana pendidikan humanis-religius itu dikembangkan di Sekolah atau Madrasah, yang harapan akhirnya di masyarakat akan lahir manusia-manusia yang memiliki pemahaman dan berujud pada pengamalan religius yang utuh, sehingga juga pasti akan bersifat dan bersikap humanis dalam kehidupannya. Dengan selesainya penulisan buku ini, penulis menyampaikan terima kasih kepada bapak Prof. Sodiq A. Kuntoro dan bapak Prof. Dr. Sutrisno, M.Ag. bapak Prof. Suyata, Ph. D.; penulis menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tulus atas arahan, bimbingan, dan dorongan sebagai konsultan, yang telah diberikan kepada penulis. Kepada bapak Prof. Zamroni, Ph.D., ibu Prof. Darmiyati Zuhdi, Ed. D. Penulis menyampaikan terima kasih juga atas reviewnya, sehingga berbagai saran perbaikan dapat diberikan kepada penulis dalam penulisan disertasi yang kemudian disusun menjadi buku ini. Atas masukan beliau-beliau itulah karya ini menjadi layak dan lebih baik karena berbagai berbagai saran dan masukannya. Kepada keluarga tercinta, isteri Erna Kustriningsih, BA, dan anak-anak Zahro Varisna Rohmadani, S. Psi., M.Psi. Psikolog serta Tio Afif Fahrian, ibunda R. Sastropawiro beserta kakak-kakak, ibunda Hj. Kumaryati beserta kakak-adik, penulis menyampaikan penghargaan yang tulus atas pengertian, dorongan, dan do’a yang diberikan kepada penulis untuk dapat menyelesaikan penulisan ini. Tanpa pengertian, dorongan, dan do’a mereka, buku ini tidak dapat selesai dengan baik. Kepada pihak-pihak lain, yang tidak memungkinkan untuk disebutkan satu persatu, yang telah membantu dan memungkinkan terselesaikannya buku ini, penulis juga menyampaikan terima kasih. Mudah-mudahan amal baik mereka yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan penulisan ini diberikan balasan yang lebih baik oleh Alloh SWT, “Jazakumullah Khairan Katsira”. Mudahmudahan buku ini memberikan manfaat dalam dunia pendidikan di Indonesia pada umumnya, dan kepada para pengelola pendidikan madrasah maupun sekolah, terutama dalam bidang pendidikan karakter nilai-nilai humanis-religius yang sangat diharapkan oleh masyarakat luas. Tiada gading yang tak retak, maka kritik dan saran dari para pembaca budiman sangat penulis harapkan, demi perbaikan isi, substansi serta tata tulis dari buku ini.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Sosiologi, pendidikan Islam
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Buku
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 09 May 2016 13:55
Last Modified: 02 Dec 2022 10:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20607

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum