PERAN KH. AHMAD MADANI DALAM PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI PONDOK PESANTREN SUMBER BUNGUR PAKONG PAMEKASAN MADURA (1960-2006)

MOHAMMAD SHOLEH, NIM. 11120145 (2016) PERAN KH. AHMAD MADANI DALAM PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI PONDOK PESANTREN SUMBER BUNGUR PAKONG PAMEKASAN MADURA (1960-2006). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN KH. AHMAD MADANI DALAM PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI PONDOK PESANTREN SUMBER BUNGUR PAKONG PAMEKASAN MADURA (1960-2006))
11120145_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERAN KH. AHMAD MADANI DALAM PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI PONDOK PESANTREN SUMBER BUNGUR PAKONG PAMEKASAN MADURA (1960-2006))
11120145_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dalam konteks Madura khususnya Kabupaten Pamekasan, sistem pendidikan pertama yang dikenal oleh masyarakat adalah pondok pesantren yang di dalamnya diajarkan dan dikaji kitab-kitab klasik. Seiring dengan perkembangan zaman, maka inovasi dalam pendidikan menjadi suatu keniscayaan dalam rangka memenuhi tuntutan perundang-undangan, tuntutan kerja. Bermula dari itulah, maka lahirlah tokoh yang menaruh perhatian pada sistem pendidikan Islam.Ahmad Madani merupakan pioner dan tokoh yang peduli terhadap sistem pendidikan yang ada di Madura khususnya di Kecamatan Pakong Pamekasan. Dari hasil pemikiran beliau, sekitar tahun 1960-an, beliau mampu mengintegrasikan kedua sistem pendidikan dengan mendirikan sekolah-sekolah sendiri dimana pengetahuan agama dan pengetahuan umum sama-sama diajarkan, walaupun pada awalnya perintisannya banyak kalangan dari masyarakat bahkan tokoh agama menganggap KH. Ahmad Madani telah melanjutkan warisan dan budaya klonial Belanda, dengan memasukkan materi umum kedalam lembaga pendidikan yang beliau rintis. Padahal materi umum merupakan materi pelajaran yang dibawa oleh orang-orang barat yang konotasinya adalah orang barat itu orang kafir. Disini penulis akan mengkaji tentang : Bagaimana Biografi KH. Ahmad Madani, Bagaimana peran KH. Ahmad Madani Dalam perkembangan Pendidikan Islam di Pondok Pesantren Sumber Bungur Pamekasan dan Bagaimana Pola Pendidikan yang diterapkan oleh KH. Ahmad Madani. Penelitian ini merupakan penelitian sejarah yang ingin menghasilkan bentuk dan proses pengkisahan atas peristiwa-peristiwa manusia yang telah terjadi di masa lalu. Penelitian sejarah ini diharapkan dapat menghasilkan sebuah penjelasan tentang biografi dan pemikiran dari KH. Ahmad Madani. Pendekatan utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan biografis, yaitu pendekatan yang berusaha memahami dan mendalami keperibadian (tokoh) berdasarkan latar belakang lingkungan sosial kultural dimana tokoh itu dibesarkan, bagaimana proses pendidikan yang dialami, watakwatak yang ada di sekitarnya. Teori yang relevan untuk digunakan dalam penelitian ini adalah teori peranan sosial yang dikemukana oleh Erving Goffman. Menurut teori ini peranan sosial adalah salah satu konsep sosiologi yang paling sentral yang didefenisikan dalam pengertian pola-pola atau norma-norma prilaku yang diharapkan dari orang yang menduduki posisi tertentu dalam struktur sosial. Dalam kaitan ini peneliti juga memakai peranan pesantren menurut Taufik Abdullah, Sebagai lembaga pendidikan islam dimana guru dan murid mecpitakan suatu suasana kekeluargaan dalam usaha mencari, menggali, dan menyebarkan berbagai ilmu keagamaan, pesantren tidaklah lepas dari masyarakat yang mengitarinya. Dalam penelitian ini akan digunakan beberapa tahapan untuk melacak informasi sejarah agar penelitian ini dapat tersusun secara sistematis dan teruji kredibilitasnya. Adapun tahap-tahap yang dilakukan dalam penelitian ini adalah,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: DR. NURUL HAK, M. Hum
Uncontrolled Keywords: Heuristik, Verifikasi, Interpretasi dan Historiografi
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 10 May 2016 09:59
Last Modified: 10 May 2016 09:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20614

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum