INTERPRETASI AYAT-AYAT TENTANG RUKUN ISLAM PERSPEKTIF FILOSOFIS- HERMENEUTIS (UPAYA KONSTRUKSI HERMENEUTIKA FILSAFAT PANCASILA)

AHMAD MUTTAQIN, NIM. 1420510006 (2016) INTERPRETASI AYAT-AYAT TENTANG RUKUN ISLAM PERSPEKTIF FILOSOFIS- HERMENEUTIS (UPAYA KONSTRUKSI HERMENEUTIKA FILSAFAT PANCASILA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTERPRETASI AYAT-AYAT TENTANG RUKUN ISLAM PERSPEKTIF FILOSOFIS- HERMENEUTIS (UPAYA KONSTRUKSI HERMENEUTIKA FILSAFAT PANCASILA))
1420510006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (INTERPRETASI AYAT-AYAT TENTANG RUKUN ISLAM PERSPEKTIF FILOSOFIS- HERMENEUTIS (UPAYA KONSTRUKSI HERMENEUTIKA FILSAFAT PANCASILA))
1420510006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Islam merupakan agama yang dianut oleh mayoritas masyarakat Indonesia. Sebagai agama terbesar di Indonesia, umat Islam memiliki tanggung jawab besar untuk menjaga ketertiban, kesejahteraan dan kedamaian bangsa bagi seluruh rakyat Indonesia tanpa pandang bulu. Permasalahannya adalah muslim Indonesia dihadapkan pada sebuah kenyataan dualisme identitas. Di satu sisi, sebagai seorang muslim harus mengamalkan nilai-nilai rukun Islam sebagai dasar agama, dan di sisi lain, sebagai warga negara Indonesia harus menjunjung tinggi nilainilai Pancasila sebagai dasar dan pandangan hidup bangsa Indonesia. Oleh karena itu setidaknya ada dua hal yang perlu dijawab. Pertama, bagaimana makna rukun Islam dalam sistem Al-Quran. Kedua, bagaimana penafsiran ayat rukun Islam dalam konteks keindonesiaan. Untuk itu, kajian ini akan berangkat dari objek material berupa ayat-ayat Al-Quran yang mengekspresikan item-item rukun Islam dengan menggunakan pendekatan filosofis-hermeneutis. Adapun teori yang digunakan yaitu teori penafsiran kontekstual Abdullah Saeed dan teori filsafat Pancasila Kaelan. Filsafat Pancasila adalah penjelasan sistematis dan rasional dari nilai-nilai, norma, kebudayaan bangsa Indonesia yang terekstrak dalam Pancasila. Penelitian ini tergolong kepada penelitian kepustakaan. Metode yang digunakan adalah deskriptif-interpretive. Berdasarkan hasil akhirnya, penelitian ini menghasilkan beberapa kesimpulan. Pertama, Al-Quran memberikan makna istilah baru dari term rukun Islam yang berbeda dengan pra-Quran. Term-term rukun Islam memiliki makna yang lebih luas dari sekedar makna dasarnya. Kedua, rukun Islam tidak hanya bersifat transendental tetapi juga memiliki misi sosial. Misi sosial inilah yang harus diterapkan sebagai muslim Indonesia yang hidup dalam ruang dan waktu yang berbeda dengan bangsa Arab atau pun bangsa yang lainnya. Semangat syahadat misalnya, bisa memupuk persatuan. Shalat sebagai bentuk penggemblengan dan pengawasan moral secara individu maupun komunal. Zakat sebagai instrumen pemberantasan pengangguran dan kemiskinan. Transformasi nilai puasa dalam bentuk penguatan hukuman bagi pelaku korupsi. Haji memiliki nilai dorongan untuk meningkatkan perekonomian demi kesejahteraan bersama. Ketiga, temuan teori yaitu peleburan teori interpretasi kontekstual Abdullah Saeed dan teori filsafat Pancasila Kaelan menghasilkan teori hermeneutika filsafat Pancasila. Teori ini bisa digunakan untuk mengaktualkan penafsiran pada konteks-aktual keindonesiaan. Kajian ini membuktikan bahwa agama Islam sejak awal kelahirannya bukanlah candu masyarakat yang membuat penganutnya menjadi individuindividu pasif, eksklusif dan pasrah dengan keterbelakangan. Justru Islam muncul dengan mereformasi ketimpangan-ketimpangan sosial, memperjuangkan kemanusiaan dan meningkatkan kesejahteraan. Semangat inilah yang semestinya ditarik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Abdul Mustaqim, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: ayat-ayat tentang Rukun Islam, perspektif filosofis- hermeneutis, konstruksi hermeneutika filsafat pancasila
Subjects: Agama Dan Filsafat
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Agama dan Filsafat
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 11 May 2016 14:11
Last Modified: 11 May 2016 14:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20625

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum