PERSEPSI GURU DAN PESERTA DIDIK KELAS VIII E TERHADAP PEKERJAAN RUMAH (PR) DAN RELEVANSINYA PADA HASIL BELAJAR DI MTS NEGERI BANTUL KOTA YOGYAKARTA

WIKAN AZIZAH, NIM . 10470001 (2016) PERSEPSI GURU DAN PESERTA DIDIK KELAS VIII E TERHADAP PEKERJAAN RUMAH (PR) DAN RELEVANSINYA PADA HASIL BELAJAR DI MTS NEGERI BANTUL KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERSEPSI GURU DAN PESERTA DIDIK KELAS VIII E TERHADAP PEKERJAAN RUMAH (PR) DAN RELEVANSINYA PADA HASIL BELAJAR DI MTS NEGERI BANTUL KOTA YOGYAKARTA)
10470001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PERSEPSI GURU DAN PESERTA DIDIK KELAS VIII E TERHADAP PEKERJAAN RUMAH (PR) DAN RELEVANSINYA PADA HASIL BELAJAR DI MTS NEGERI BANTUL KOTA YOGYAKARTA)
10470001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (940kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah sulitnya peserta didik kelas VIII E MTs Negeri Bantul Kota Yogyakarta memahami pelajaran dan kurang memperhatikan penjelasan guru saat menerima materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana persepsi guru dan peserta didik terhadap pekerjaan rumah (PR) di MTs Negeri Bantul Kota, (2) Apakah ada relevansi antara persepsi guru dan peserta didik terhadap pekerjaan rumah (PR) dengan hasil belajar peserta didik di MTs Negeri Bantul Kota. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik trianggulasi sumber. Teknik trianggulasi sumber adalah teknik mendapatkan data dari sumber yang berbeda-beda dengan teknik yang sama. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan memberikan kesimpulan. Hasil penelitian (1) Persepsi guru tentang PR adalah mempersiapkan peserta didik untuk pertemuan berikutnya, melatih kerjasama antara guru, peserta didik dan orang tua, membudayakan belajar sebagai suatu kebutuhan hidup, sebagai alat evaluasi pembelajaran, membantu peserta didik untuk disiplin belajar, aktif dalam mengikuti pelajaran, (2) Persepsi peserta didik tentang PR adalah memacu semangat belajar dan disiplin belajar peserta didik, merangsang minat belajar, memotivasi belajar, menumbuhkan rasa ketertarikan pada mata pelajaran, meningkatkan nilai akademik peserta didik, belajar mengatur waktu (3) Relevansi antara persepsi guru dan peserta didik terhadap pekerjaan rumah dengan hasil belajar peserta didik adalah PR berpengaruh dan dapat membantu peserta didik dalam tingkat pemahaman dan penguasaan dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan nilai peserta didik menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: ZAINAL ARIFIN M.S.I,
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Pekerjaan Rumah (PR), Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 13 May 2016 08:54
Last Modified: 13 May 2016 09:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20643

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum