METODE PENDIDIKAN TAUHID MENURUT AL-GHAZALI DALAM IHYA’‘ULUMIDDIN (ANALISIS PSIKOLOGI PERKEMBANGAN)

HASAN FATHURROHMAN, NIM. 10470045 (2016) METODE PENDIDIKAN TAUHID MENURUT AL-GHAZALI DALAM IHYA’‘ULUMIDDIN (ANALISIS PSIKOLOGI PERKEMBANGAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE PENDIDIKAN TAUHID MENURUT AL-GHAZALI DALAM IHYA’‘ULUMIDDIN (ANALISIS PSIKOLOGI PERKEMBANGAN))
10470045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (METODE PENDIDIKAN TAUHID MENURUT AL-GHAZALI DALAM IHYA’‘ULUMIDDIN (ANALISIS PSIKOLOGI PERKEMBANGAN))
10470045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari pembahasan al-Ghazali mengenai metode pendidikan tauhid dalam Ihya’ ‘Ulumiddin, yang di dalam perumusannya terdapat pertimbangan-pertimbangan psikologis dalam perkembangan manusia, yang memang sangat memberikan kontribusi besar bagi perumusan suatu metode pendidikan. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengeksplorasi dan mendeskripsikan metode-metode pendidikan tauhid al-Ghazali dalam Ihya’ ‘Ulumiddin; dan (2) menganalisis metode-metode pendidikan tauhid al-Ghazali tersebut menurut psikologi perkembangan. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan psikologis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dimana metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah content-analysist. Hasil penelitian ini adalah: (1) ada empat metode pendidikan tauhid yang ditawarkan al-Ghazali dalam Ihya’ ‘Ulumiddin, yaitu: (a) metode talqin, suatu pembimbingan tauhid kepada seseorang sejak usia kanak-kanak, melalui hafalan proposisi ketauhidan yang telah ditentukan sebelumnya. Hal ini dilakukan karena menurut al-Ghazali, secara psikologis seseorang ketika masih kanak-kanak memiliki kemampuan menginternalisasi ketauhidan tanpa memerlukan pertanyaan kritis. Talqin proposisi ketauhidan diyakini akan terbuka makna-makna kebenarannya seiring perkembangan kapasitas kognisi seseorang. Ini adalah tahap penanaman ketauhidan, yang perlu diperkuat; (b) untuk memperkuat tauhid diperlukan metode riyadloh-mujahadah, yaitu pengamalan ajaran-ajaran Islam, penelaahan terhadap al-Quran dan as-Sunnah, dan pergaulan dengan orang-orang dan lingkungan religius. Hal-hal semua itu memberikan dampak kepada ketauhidan seseorang, karena secara psikologis di dalamnya terdapat proses penginternalisasian yang memperkuat ketauhidan; (c) melalui metode kala<mjadal, yaitu pembahasan mengenai ketuhanan dengan dalil-dalil rasional, karena secara psikologis orang-orang akan terpengaruh paham-paham bid’ah dalam ketauhidan apabila tidak dijaga. Di setiap daerah, fardlu kifayah hukumnya mengajarkan kalam-jadal, tetapi khusus kepada orang-orang cerdas dan shaleh; (d) untuk meluruskan paham tauhid yang bid’ah diperlukan metode da’wah bit talaththuf, yaitu ajakan kepada paham tauhid yang benar dengan santun dan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti yang dipakai al-Quran, karena secara psikologis ajakan yang santun dan dengan bahasa yang mudah dimengerti lebih dapat diterima orang: dan (2) menurut analisis psikologi perkembangan di dalam metode-metode tersebut mengandung asumsi-asumsi psikologis, di antaranya berupa: (a) pemrosesan informasi secara kognitif yang dilakukan oleh seseorang dalam perkembangannya; (b) berlakunya asumsi tahap-tahap kognisi piagetan di dalam perkembangan seseorang; (c) adanya asumsi pembelajaran social dan observasional yang dilakukan seseorang dalam perkembangannya: (d) adanya asumsi pengaruh sosiokultural dan perbedaan individual dalam perkembangan; (e) adanya asumsi peranan psikologi komunikasi dan pesan dalam perkembangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Hj. JUWARIYAH, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Metode, PendidikanTauhid, Psikologi Perkembangan
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 13 May 2016 09:15
Last Modified: 13 May 2016 09:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20644

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum