INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI PENYANDANG DISABILITAS INTELEKTUAL STUDI DI BALAI BESAR REHABILITASI SOSIAL BINA GRAHITA KARTINI TEMANGGUNG JAWA TENGAH

AQIB PRAYOGO, NIM. 11470050 (2016) INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI PENYANDANG DISABILITAS INTELEKTUAL STUDI DI BALAI BESAR REHABILITASI SOSIAL BINA GRAHITA KARTINI TEMANGGUNG JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI PENYANDANG DISABILITAS INTELEKTUAL STUDI DI BALAI BESAR REHABILITASI SOSIAL BINA GRAHITA KARTINI TEMANGGUNG JAWA TENGAH)
11470050_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI PENYANDANG DISABILITAS INTELEKTUAL STUDI DI BALAI BESAR REHABILITASI SOSIAL BINA GRAHITA KARTINI TEMANGGUNG JAWA TENGAH)
11470050_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya mengetahui proses internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam bagi penyandang Disabilitas Intelektual. Karena penyandang Disabilitas Intelektual merupakan kondisi dimana perkembangan kecerdasan seseorang mengalami hambatan sehingga tidak mencapai perkembangan yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sikap serta perilaku penyandang Disabilitas Intelektual, untuk mengetahui nilai-nilai apa saja yang terkandung dalam proses internalisasi, untuk mengetahui proses internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam, serta untuk mengetahui pencapaian dari proses internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam bagi penyandang Disabilitas Intelektual. Hasil dari penilitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih kepada pihak Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Grahita Kartini Temanggung agar dapat meningkatkan pelayanan pendidikan bagi penyandang Disablilitas Intelektual. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di Balai Besar Reahilitasi Sosial Bina Grahita Kartini Temanggung. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sumber utama penelitian ini adalah guru pendamping kelas, guru pembimbing kelas keagamaan, serta penyandang Disabilitas Intelektual. Proses penyajian data dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif, yaitu dengan cara analisis yang cenderung menggunakan kata-kata untuk mengungkap fakta, fenomena, variabel dan keadaan yang didapatkan ketika penelitian berjalan dan menjelaskan data yang didapatkan. Hasil penelitian ini adalah, (1) memahami serta mengenal sikap dan perilaku penyandang Disabilitas Intelektual dilakukan dengan menggunakan pendekatan emosional terhadap penyandang Disabilitas Intelektual. (2) Nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung berupa nilai ibadah yaitu taat menjalankan ibadah wajib dan sunnah yang diaplikasikan dalam bentuk perilaku seperti merayakan hari besar Islam dan menjalankan puasa, mengerjakan wudhu dan sholat, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, hafalan doa sehari-hari, dan hafalan surat-surat pendek. Dan nilai akhlaq berupa jujur, disiplin, dan sopan santun. (3) Proses internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dilakukan dengan strategi pembelajaran, berupa: metode ceramah, metode bernyanyi, metode tanya jawab, metode praktek, metode pemberian tugas dan pendampingan secara langsung, metode pembiasaan. (4) Hasil yang dicapai adalah masih banyak penyandang Disabilitas intelektual yang belum konsisten dalam mengamalkan nilai-nilai pendidikan agama Islam yang diajarkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. SUBIYANTORO, M. Ag,
Uncontrolled Keywords: Internalisasi, nilai pendidikan agama Islam, penyandang Disabilitas Intelektual.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 13 May 2016 10:05
Last Modified: 13 May 2016 10:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20647

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum