IMPLEMENTASI PENILAIAN NONTES PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS IV (STUDI PADA MIN ALEHANUAE DAN MIN LAPPA KABUPATEN SINJAI)

JUHAENI, NIM. 1420420010 (2016) IMPLEMENTASI PENILAIAN NONTES PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS IV (STUDI PADA MIN ALEHANUAE DAN MIN LAPPA KABUPATEN SINJAI). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENILAIAN NONTES PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS IV (STUDI PADA MIN ALEHANUAE DAN MIN LAPPA KABUPATEN SINJAI))
1420420010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (27MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENILAIAN NONTES PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS IV (STUDI PADA MIN ALEHANUAE DAN MIN LAPPA KABUPATEN SINJAI))
1420420010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Salah satu alasan perubahan Kurikulum 2013 adalah persepsi publik yang menilai pendidikan selama ini terlalu menitikberatkan pada aspek kognitif. Penilaian yang hanya menekankan pada penguasaan konsep yang dijaring dengan teknik penilaian tes yang tidak mampu mengungkap kemampuan kinerja intelektual siswa. Hasil belajar berupa pengetahuan, keterampilan dan sikap jika hanya dievaluasi dengan teknik tes data yang dikumpulkan menjadi kurang lengkap dan kurang bermakna. Teknik penilaian nontes sering diabaikan karena kurangnya pemahaman guru dan penilaian nontes dianggap rumit. Tujuan penelitian adalah (1) Mendeskripsikan implementasi penilaian nontes : Perencanaan, pelaksanaan, pengolahan nilai, tindak lanjut penilaian serta pelaporan hasil penilaian untuk kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan di MIN Alehanuae dan MIN Lappa. (2)Mendeskripsikan problem penilaian nontes di MIN Alehanuae dan MIN Lappa. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif analitik, untuk memecahkan masalah aktual dengan cara mengumpulkan data, menyusun atau mengklasifikasikannya, menganalisis dan menginterpretasikannya. Cara pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Langkah analisis data berupa : Reduksi data, display data, dan verivikasi data. Dari hasil penelitian dapat dideskripsikan : (1) Penilaian nontes pada mata pelajaran akidah akhlak kelas IV di MIN Alehanuae : Perencanaan penilaian disusun ke dalam silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pelaksanaan penilaian berpedoman pada RPP, pengolahan nilai pada kompetensi sikap diambil dari nilai modus, pengetahuan dan keterampilan diambil dari rata-rata, serta tindak lanjut penilaian berdasar dari hasil penilaian yang dicapai oleh peserta didik, Laporan hasil pencapaian kompetensi sikap dan keterampilan dalam Laporan Hasil Belajar (LHB) tidak diisi (2) Penilaian nontes pada mata pelajaran akidah akhlak di MIN Lappa : Perencanaan penilaian disusun dalam silabus dan RPP, pelaksanaan penilaian berpedoman pada RPP dan buku guru, pengolahan nilai kompetensi sikap diambil dari modus, pengetahuan diambil dari nilai rata-rata, keterampilan diambil dari nilai optimum. Pelaporan hasil ketercapaian kompetensi belajar nilai kompetensi keterampilan dan sikap tidak ditulis dalam LHB (3) Problem pelaksanaan penilain nontes di MIN Alehanuae : Banyaknya kompetensi yang harus dinilai, banyaknya peserta didik yang harus diamati secara bersamaan, pelaksanaan penilaian dilakukan bersamaan dengan proses pembelajaran hingga menyita waktu yang banyak serta tidak terbiasa melakukan penilaian nontes. Problem pelaksanaan penilain nontes di MIN Lappa : Kurangnya waktu untuk melakukan analisis terhadap KI, KD dan indikator, sulitnya membuat IPK khususnya kompetensi sikap, banyaknya kompetensi yang harus dinilai, kurangnya pemahaman tentang penyusunan rubrik penilaian.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Hj. St. Fatonah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Akidah Akhlak, Penilaian Nontes
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 13 May 2016 02:55
Last Modified: 13 May 2016 02:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20648

Actions (login required)

View Item View Item