IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN IPA DI MI AL ISLAMIYAH GROJOGAN BANTUL

TRI WIBOWO, S.Pd.I, 1420420012 (2016) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN IPA DI MI AL ISLAMIYAH GROJOGAN BANTUL. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN IPA DI MI AL ISLAMIYAH GROJOGAN BANTUL)
1420420012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN IPA DI MI AL ISLAMIYAH GROJOGAN BANTUL)
1420420012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya penurunan kualitas moral bangsa yang terlihat dari fenomena di berbagai sektor kehidupan. Permasalahan penurunan kualitas moral bangsa tersebut disebabkan berbagai faktor diantaranya yaitu dunia pendidikan yang lebih memfokuskan peserta didik dalam aspek pengetahuan (kognitif) dan cenderung mengabaikan aspek budi pekerti (afektif dan psikomotorik). Munculnya gagasan pendidikan karakter di dunia pendidikan salah satunya untuk mengintegrasikan aspek pengetahuan dan budi pekerti dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan. MI Al Islamiyah Grojogan Bantul merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam yang menerapkan pendidikan karakter dalam pembelajaran IPA guna mewujudkan peserta didik yang beriman, berintelektual dan berakhlak mulia. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan mengkaji lebih dalam tentang implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPA di MI Al Islamiyah Grojogan Bantul, mengetahui dan mengkaji lebih dalam tentang nilai-nilai karakter yang ditanamkan dalam pembelajaran IPA di MI Al Islamiyah Grojogan Bantul, mengetahui dan mengkaji lebih dalam tentang profil karakter peserta didik di MI Al Islamiyah Grojogan Bantul. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri atas reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing and verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPA di MI Al Islamiyah Grojogan Bantul dilaksanakan dalam tiga tahapan yaitu perencanaan (kurikulum, silabus, RPP, bahan/buku ajar, media dan alat peraga IPA, metode dan strategi pembelajaran), pelaksanaan (kegiatan pendahuluan/awal, inti, penutup/akhir), evaluasi (tes dan nontes) dan tindak lanjut (tugas individu/kelompok, kegiatan proyek, les, menasihati secara klasikal, bimbingan serta arahan secara individual. (2) Nilai-nilai karakter yang ditanamkan dalam pembelajaran IPA di MI Al Islamiyah Grojogan Bantul terdiri atas nilainilai karakter prioritas (jujur, disiplin, kerja keras, tanggung jawab) dan nilai-nilai karakter pendukung (kebersamaan, mandiri, rasa ingin tahu, gemar melakukan, teliti, kerjasama, percaya diri, keberanian, religius dan peduli lingkungan). (3) Profil karakter peserta didik di MI Al Islamiyah Grojogan Bantul yaitu berkarakter religius, jujur, disiplin, kerja keras, tanggung jawab, kebersamaan, peduli lingkungan, gemar melakukan, kerjasama, keberanian, memiliki latar belakang beragam, memiliki prestasi yang membanggakan, sistem penerimaan pesdik terbuka serta lulusan yang berkualitas.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Hj. Siti Fatonah, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Karakter, Pembelajaran IPA
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 13 May 2016 03:00
Last Modified: 13 May 2016 03:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20649

Actions (login required)

View Item View Item