IMPLEMENTASI TRILOGI KI HAJAR DEWANTARA DALAM KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DI SMP N 1 GODEAN YOGYAKARTA

ALI ZAZIROH HIDAYAT, NIM. 11470069 (2016) IMPLEMENTASI TRILOGI KI HAJAR DEWANTARA DALAM KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DI SMP N 1 GODEAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI TRILOGI KI HAJAR DEWANTARA DALAM KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DI SMP N 1 GODEAN YOGYAKARTA)
11470069_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI TRILOGI KI HAJAR DEWANTARA DALAM KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DI SMP N 1 GODEAN YOGYAKARTA)
11470069_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (818kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini berangkat dari problem kepemimpinan kepala sekolah yang kaku dan kurang membangkitkan semangat kerja warga sekolah sehingga efektifitas kinerja sekolah berjalan kurang maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap bagaimana kinerja kepala sekolah dalam mengimplementasikan trilogi Ki Hajar Dewantara di SMP N 1 Godean. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dengan wawancara, dokumentasi dan observasi. Data yang sudah terkumpul diolah menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, proses implementasi trilogi Ki Hajar Dewantara dalam kepemimpinan kepala sekolah di SMP N 1 Godean adalah 1) Ing Ngarso Sung Thulodo ditunjukkan dengan menanamkan sikap disiplin diri, memperhatikan kebersihan dan berjiwa sosial tinggi, 2) Ing madya mangun karsa ditunjukkan dengan menciptakan suasana kerja yang menyediakan sarana prasarana, dan mengarahkan kinerja guru secara tepat. harmonis dan membangun kepercayaan antar warga sekolah, dan 3) Tut Wuri Handayani ditunjukkan dengan memotivasi secara personal. Kedua, problem yang menghambat implementasi trilogi Ki Hajar Dewantara dalam kepemimpinan kepala sekolah di SMP N 1 Godean adalah 1) komunikasi kurang maksimal 2) banyaknya tugas kepala sekolah di luar sekolah, dan 3) kepekaan guru dalam menangkap tindakan kepala sekolah yang berbeda-beda. Ketiga, Solusi implementasi dari problem yang dihadapi dalam implementasi trilogi Ki Hajar Dewantara di SMP N 1 Godean adalah 1) meningkatkan profesianalisme guru dan karyawan 2) membuat kepemimpinan sementara ketika kepala sekolah sedang diluar 3) menggunakan pendekatan dan langsung bertemu dengan guru yang bersangkutan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. NUR ROHMAH, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Trilogi Ki Hajar Dewantara dan Kepemimpinan
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 13 May 2016 10:22
Last Modified: 13 May 2016 10:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20650

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum