PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PROGRAM PENGEMBANGAN DIRI UNTUK MENINGKATKAN KEPRIBADIAN SISWA MAN WATES 1 KULON PROGO YOGYAKARTA

DEWI MARYAM, NIM. 11470080 (2016) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PROGRAM PENGEMBANGAN DIRI UNTUK MENINGKATKAN KEPRIBADIAN SISWA MAN WATES 1 KULON PROGO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PROGRAM PENGEMBANGAN DIRI UNTUK MENINGKATKAN KEPRIBADIAN SISWA MAN WATES 1 KULON PROGO YOGYAKARTA)
11470080_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PROGRAM PENGEMBANGAN DIRI UNTUK MENINGKATKAN KEPRIBADIAN SISWA MAN WATES 1 KULON PROGO YOGYAKARTA)
11470080_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah berawal dari realita yang ada di sekolah bahwa seorang siswa yang sudah duduk dibangku SMA atau sederajat, seharusnya sudah memiliki kesadaran akan dirinya. Namun yang terjadi sebaliknya, mereka ternyata masih memerlukan bimbingan dan arahan utamanya dari guru BK. Hal ini tentu menimbulkan keprihatinan terhadap perkembangan remaja yang ada dalam dirinya mencakup beberapa perubahan baik dari segi sosial, budaya, masyarakat, pendidikan maupun pribadi. Perubahan tersebut membawa dampak baik dan buruk. Maka dari itu, watak, sikap dan temperamen siswa pada umumnya perlu adanya peningkatan kepribadian ataupun binaan supaya remaja bisa melampaui masa tersebut dengan baik. Guru Bimbingan dan Konseling dipandang memiliki ilmu psikologi yang sangat berperan dalam menyelesaikan masalahnya. Melalui kegiatan Pengembangan Diri ini, diharapkan dapat memberikan kecakapan dan ketrampilan serta peningkatan kepribadian siswa. Oleh karena itu, melalui pengembangan diri ini penulis meneliti bagaimana peran BK sebagai sarana untuk meningkatkan kepribadian siswa untuk mengetahui pendukung dan penghambatnya serta aspek kepribadian yang berkembang. Penelitian ini merupakan penelitan kualitatif. Pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan menelaah data, mereduksi, menyusun dalam satuan dan mengategorikannya kemudian memeriksa keabsahannya serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peran Guru BK dalam meningkatkan kepribadian siswa melalui pengembangan diri siswa telah dilaksanakan dengan baik. Seperti sebagai pendamping secara sikologis pada siswa sehingga mampu menemukan jati dirinya, mengarahkan siswa dengan mengenalkan konsep diri, memotivasi siswa dalam berbagai hal serta sebagai teladan bagi siswa dalam kehidupan sehari hari. Dari ketiga aspek kepribadian yang ada yakni sikologis, jasmani serta rokhani, BK berperan dalam ketiga aspek tersebut walaupun belum secara maksimal. 2) Faktor pendukung pelaksanaan Pengembangan Diri ini yakni dengan adanya kepedulian yang tinggi dari BK, semangat yang tinggi serta banyak supervisi dari sekolah yang mendukung seperti sarana dan pasarana. Sedangkan faktor penghambatnya adalah rendahnya kesadaran BK akan motivasi yang diberikan kepada siswa, serta keterbatasan waktu BK untuk menyampaikan informasi kepada siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. NAI’MAH M.Hum
Uncontrolled Keywords: Peran, Pengembangan Diri, Kepribadian
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 13 May 2016 13:17
Last Modified: 13 May 2016 13:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20653

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum