KEMAMPUAN GURU KELAS DALAM MERENCANAKAN, MELAKSANAKAN, DAN MENINDAKLANJUTI TEKNIK PENILAIAN PROYEK (STUDI KASUS DI MIN JEJERAN BANTUL TAHUN PELAJARAN 2015/2016)

PURWANTININGSIH, S.Pd. I, 1420421002 (2016) KEMAMPUAN GURU KELAS DALAM MERENCANAKAN, MELAKSANAKAN, DAN MENINDAKLANJUTI TEKNIK PENILAIAN PROYEK (STUDI KASUS DI MIN JEJERAN BANTUL TAHUN PELAJARAN 2015/2016). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEMAMPUAN GURU KELAS DALAM MERENCANAKAN, MELAKSANAKAN, DAN MENINDAKLANJUTI TEKNIK PENILAIAN PROYEK (STUDI KASUS DI MIN JEJERAN BANTUL TAHUN PELAJARAN 2015/2016))
1420421002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KEMAMPUAN GURU KELAS DALAM MERENCANAKAN, MELAKSANAKAN, DAN MENINDAKLANJUTI TEKNIK PENILAIAN PROYEK (STUDI KASUS DI MIN JEJERAN BANTUL TAHUN PELAJARAN 2015/2016))
1420421002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (10MB)

Abstract

Upaya meningkatkan kualitas pembelajaran dapat ditempuh melalui kualitas sistem penilaiannya. Adanya perubahan kurikulum ternyata berpengaruh terhadap sistem penilaian yang rumit termasuk dalam penilaian proyek. MIN Jejeran merupakan salah satu madrasah yang melaksanakan kurikulum 2013 dan KTSP. Teknik penilaian proyek yang sebelumnya jarang dilakukan, pada kurikulum 2013 biasanya dilakukan pada akhir tema. Sedangkan guru kelas sebagai pelaksana pembelajaran harus mampu melaksanakan penilaian yang sesuai. Guru harus dapat merencanakan, melaksanakan, dan menindaklanjuti teknik penilaian yang dilakukan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan guru kelas 1 sampai kelas VI dalam merencanakan, melaksanakan, dan menindaklanjuti teknik penilaian proyek di MIN Jejeran. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian guru kelas I sampai dengan kelas VI di MIN Jejeran Bantul. Analisis data dengan model Mills and Huberman dengan data reduction, data display, conclusoion drawing/verivication. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: 1) guru kelas I sampai kelas V merencanakan penilaian proyek dan mencantumkan dalam RPP. Sedangkan guru kelas VI merencanakan penilaian proyek tetapi tidak mencantumkan dalam RPP. Kegiatan perencanaan dilakukan sebelum pelaksanaan kegiatan. Kegiatan perencanaan biasanya dilakukan dengan menyuruh siswa mempersiapkan alat dan bahan yang disiapkan oleh siswa sendiri dari rumah. Sebagian guru sudah mengembangkan penyusunan teknik penilaian. Tetapi masih ada guru yang merencanakan masih tumpang tindih dengan bentuk penilaian yang lain. Tahap-tahap penilaian belum sepenuhnya dilakukan oleh guru. 2) Guru kelas I sampai VI melaksanakan kegiatan teknik penilaian proyek tetapi tidak semua kegiatan yang dilakukannya merupakan teknik penilaian proyek. Kegiatan pelaksanaan pembelajaran mengalami kendala namun dapat diatasi karena adanya komunikasi yang baik antara guru, siswa, dan orang tua. Pelaksanaan kegiatan penilaian guru kelas I sampai kelas V tertuang dalam RPP sedangkan kelas VI tidak tercantum dalam RPP. 3) Kegiatan tindak lanjut dilakukan oleh guru kelas I sampai kelas VI. Kegiatan tindak lanjut diantaranya dengan mengevaluasi pembelajaran oleh siswa dan guru. Guru menggunakan hasil evaluasi untuk penyusunan rencana pembelajaran yang dilakukan yang akan datang.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Abdul Munip, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Guru, Perencanaan, Pelaksanaan, Tindak Lanjut Teknik Penilaian Proyek.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 13 May 2016 07:03
Last Modified: 13 May 2016 07:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20655

Actions (login required)

View Item View Item