EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSq) DENGAN KANCING GEMERINCING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI

ZULKHARIASTI, NIM. 11600006 (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSq) DENGAN KANCING GEMERINCING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSq) DENGAN KANCING GEMERINCING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI)
11600006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSq) DENGAN KANCING GEMERINCING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI)
11600006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe TPSq dengan kancing gemerincing lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, (2) mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe TPSq dengan kancing gemerincing lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe TPSq dengan kancing gemerincing, sedangkan variabel terikatnya adalah komunikasi matematis dan motivasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sewon tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari tujuh kelas. Sampel yang digunakan adalah kelas XI MIA 2 dan XI MIA 3. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian pretest dan posttest untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis serta preskala dan postskala untuk mengukur motivasi belajar siswa. Data preskala dan postskala adalah data ordinal sehingga data diubah terlebih dahulu menjadi data interval dengan menggunakan Successed Interval Method (SIM). Analisis data dilakukan dengan uji Mann-Whitney untuk menganalisis data N-gain tes komunikasi matematis dan N-gain skala motivasi. Hasil uji Mann-Whitney untuk data N-gain tes komunikasi matematis dengan tingkat signifikansi 0,05, diperoleh nilai sig. 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak. Artinya model pembelajaran kooperatif tipe TPSq dengan kancing gemerincing lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sewon. Hasil uji Mann-Whitney untuk data N-gain skala motivasi dengan tingkat signifikansi 0,05, diperoleh nilai sig. 0,842 ≥ 0,05 sehingga H0 diterima. Artinya model pembelajaran kooperatif tipe TPSq dengan kancing gemerincing tidak lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Sewon. Kata kunci: TPSq, kancing gemerincing, komunikasi matematis, motivasi belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Ibu Suparni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: TPSq, kancing gemerincing, komunikasi matematis, motivasi belajar
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Jun 2016 07:32
Last Modified: 01 Jun 2016 07:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20659

Actions (login required)

View Item View Item