PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL RECIPROCAL TEACHING DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS

MI’ROJ MUNTOHA, NIM. 11600052 (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL RECIPROCAL TEACHING DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL RECIPROCAL TEACHING DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS)
11600052_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (29MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL RECIPROCAL TEACHING DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS)
11600052_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Fokus utama penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan literasi dan disposisi matematis siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya kemampuan siswa dikarenakan pembelajaran yang kurang memfasilitasi kemampuan literasi dan disposisi matematis siswa. Model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan literasi dan disposisi matematis siswa adalah model reciprocal teaching. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya interaksi antara pembelajaran model reciprocal teaching dan kemampuan awal matematis terhadap peningkatan kemampuan literasi matematis dan disposisi matematis siswa, serta untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi matematis dan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran model reciprocal teaching dibandingkan peningkatan kemampuan literasi matematis dan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan the nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP N 9 Yogyakarta. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan siswa kelas VII B tahun ajaran 2014/2015. Teknik pengumpulan data menggunakan skala disposisi (prescale dan postscale) serta tes kemampuan literasi matematis (pretest dan posttest). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik inferensial meliputi uji anova dua jalur dan uji-t satu pihak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh gabungan (interaksi) antara pembelajaran dan Kemampuan Awal Matematis (KAM) terhadap peningkatan kemampuan literasi matematis dan disposisi matematis, serta peningkatan kemampuan literasi dan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan Model Reciprocal Teaching tidak lebih tinggi dibandingkan peningkatan kemampuan literasi dan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Kata kunci: Kemampuan Literasi Matematis, Disposisi Matematis, Model Reciprocal Teaching.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Ibrahim, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Literasi Matematis, Disposisi Matematis, Model Reciprocal Teaching.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Jun 2016 08:37
Last Modified: 02 Jun 2016 08:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20663

Actions (login required)

View Item View Item