PENGEMBANGAN MODUL FISIKA KONSEPTUAL MATERI USAHA DAN ENERGI UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI MAN LAB UIN YOGYAKARTA

NURUL ARDIANSYAH, NIM 08690057 (2016) PENGEMBANGAN MODUL FISIKA KONSEPTUAL MATERI USAHA DAN ENERGI UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI MAN LAB UIN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL FISIKA KONSEPTUAL MATERI USAHA DAN ENERGI UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI MAN LAB UIN YOGYAKARTA)
08690057_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL FISIKA KONSEPTUAL MATERI USAHA DAN ENERGI UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI MAN LAB UIN YOGYAKARTA)
08690057_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) Mengembangkan modul fisika konseptual materi usaha dan energi untuk peserta didik kelas XI MAN Lab UIN Yogyakarta 2) Mengetahui kualitas modul fisika konseptual materi usaha dan energi untuk peserta didik kelas XI MAN Lab UIN Yogyakarta berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan guru fisika, 3) Mengetahui respon peserta didik terhadap modul fisika konseptual materi usaha dan energi untuk peserta didik kelas XI MAN Lab UIN Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan model prosedural yang mengadaptasi prosedur penelitian pengembangan menurut Borg dan Gall yang dapat dilakukan lebih sederhana menurut Tim Puslitjaknov yang melibatkan 5 langkah utama yaitu (1) melakukan analisis produk yang dikembangkan, (2) mengembangkan produk awal (3) validasi ahli dan revisi, (4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi, (5) uji coba skala besar dan produk akhir. Penelitian ini dilakukan sampai pada tahap uji coba skala kecil dan revisi. Instrumen penelitian berupa, lembar validasi modul dan instrumen penilaian, lembar penilaian kualitas modul fisika untuk ahli materi, media, dan guru SMA/MA yaitu menggunakan skala Likert yang dibuat dalam bentuk checklist. Instrumen untuk peserta didik yaitu menggunakan skala Likert yang dibuat dalam bentuk checklist. Hasil penelitian yang telah dikembangkan berupa modul fisika konseptual materi usaha dan energi untuk peserta didik kelas XI MAN Lab UIN Yogyakarta. Kualitas modul fisika konseptual yang dikembangkan menurut ahli materi, ahli media memiliki kualitas Sangat Baik (SB) dengan masing-masing rerata skor 3,75 dan 3,29. Sedangkan penilaian dari guru fisika memiliki kualitas Baik (B) dengan rerata skor 3,22. Respon siswa dari modul fisika yang dikembangkan adalah Setuju. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul fisika yang dikembangkan dapat dijadikan sebagai salah satu sumber belajar fisika di MAN Lab UIN Yogyakarta. Kata kunci: Modul, Fisika Konseptual, Materi Usaha dan Energi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Joko Purwanto, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Modul, Fisika Konseptual, Materi Usaha dan Energi.
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Jun 2016 08:36
Last Modified: 02 Jun 2016 08:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20665

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum