IDENTIFIKASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI PERSAMAAN KEADAAN GAS DAN TEORI KINETIK GAS DI MAN LABORATORIUM UIN DAN MA NURUL UMMAH YOGYAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN INSTRUMEN BERBENTUK SOAL PILIHAN GANDA BERALASAN TERBUKA

WILDAN NAVISA BARRA, NIM. 10690026 (2016) IDENTIFIKASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI PERSAMAAN KEADAAN GAS DAN TEORI KINETIK GAS DI MAN LABORATORIUM UIN DAN MA NURUL UMMAH YOGYAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN INSTRUMEN BERBENTUK SOAL PILIHAN GANDA BERALASAN TERBUKA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IDENTIFIKASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI PERSAMAAN KEADAAN GAS DAN TEORI KINETIK GAS DI MAN LABORATORIUM UIN DAN MA NURUL UMMAH YOGYAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN INSTRUMEN BERBENTUK SOAL PILIHAN GANDA BERALASAN TERBUKA)
10690026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (IDENTIFIKASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI PERSAMAAN KEADAAN GAS DAN TEORI KINETIK GAS DI MAN LABORATORIUM UIN DAN MA NURUL UMMAH YOGYAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN INSTRUMEN BERBENTUK SOAL PILIHAN GANDA BERALASAN TERBUKA)
10690026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui persentase peserta didik dari MAN Laboratorium UIN dan MA Nurul Ummah Yogyakarta yang mengalami miskonsepsi pada materi persamaan keadaan gas dan teori kinetik gas, (2) mengetahui submateri dari persamaan keadaan gas dan teori kinetik gas dengan persentase peserta didik yang mengalami miskonsepsi lebih dari 50%. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 42 peserta didik kelas XI-IPA dari MAN Laboratorium UIN dan 14 peserta didik kelas XI-IPA dari MA Nurul Ummah Yogyakarta. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner. Instrumen pengumpul data dalam penelitian ini adalah soal pilihan ganda beralasan terbuka sejumlah 21 butir soal. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 21 butir soal yang digunakan dalam penelitian ini memiliki validitas isi yang memadai dengan nilai koefisiensi Aiken-V adalah 0,67–1,00. Penelitian ini memberikan informasi bahwa: (1) miskonsepsi pada materi persamaan keadaan gas dan teori kinetik gas dialami oleh peserta didik dari MAN Laboratorium UIN Yogyakarta dengan persentase 7,14–64,29% dan peserta didik dari MA Nurul Ummah Yogyakarta dengan persentase 7,14–50,00%. Miskonsepsi terbanyak di MAN Laboratorium UIN Yogyakarta adalah grafik hukum Boyle digambarkan dengan garis linear dengan gradien negatif karena hubungan antara volume dan tekanan gas dalam sistem tertutup pada temperatur konstan adalah berbanding terbalik dengan persentase sebesar 35,71%. Miskonsepsi terbanyak di MA Nurul Ummah Yogyakarta adalah semakin besar energi kinetik yang dimiliki oleh partikel-partikel gas akan mengurangi besar tekanan gas dan partikel gas ideal selalu bergerak dengan arah yang tidak acak dengan persentase sebesar 28,57%, (2) terdapat 4 submateri dari persamaan keadaan gas dan teori kinetik gas dengan persentase peserta didik yang mengalami miskonsepsi lebih dari 50%, yaitu: karakteristik partikel gas tidak ideal (58,93%), bilangan Avogadro (55,36%), karakteristik partikel gas ideal (55,36%); dan keterkaitan antara tekanan udara dan temperatur udara di suatu dataran (51,79%). Kata kunci: Miskonsepsi, persamaan keadaan gas, teori kinetik gas, soal pilihan ganda beralasan terbuk

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Joko Purwanto, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Miskonsepsi, persamaan keadaan gas, teori kinetik gas, soal pilihan ganda beralasan terbuk
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Jun 2016 08:32
Last Modified: 02 Jun 2016 08:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20668

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum