PENGEMBANGAN LKS BIOLOGI MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DENGAN MUATAN KEISLAMAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI MA

UMI HANI, NIM. 10680030 (2016) PENGEMBANGAN LKS BIOLOGI MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DENGAN MUATAN KEISLAMAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LKS BIOLOGI MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DENGAN MUATAN KEISLAMAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI MA)
10680030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LKS BIOLOGI MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DENGAN MUATAN KEISLAMAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI MA)
10680030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS biologi sistem peredaran darah manusia dengan muatan keislaman sebagai media pembelajaran kelas XI MA dan mengetahui kualitas produk berdasarkan validasi dan uji coba terbatas yang dilakukan. Model pengembangan yang digunakan adalah Four-D (Define, Design, Develop, and Desseminate). Instrumen penilaian berupa lembar angket reviewer dan lembar respon siswa. Penilaian dilakukan oleh 1 orang ahli media, 1 orang ahli materi, 1 orang ahli tafsir, 4 orang peer reviewer, 2 orang guru biologi, dan 20 orang siswa. Data yang diperoleh berupa data deskriptif selama proses pengembangan dan data kualitatif berupa nilai katagori (sangat baik, baik, cukup, kurang, dan sangat kurang) yang diperoleh dari hasil pengisian instrumen angket. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif setelah dilakukan pengolahan menggunakan teknik penskoran, pengkatagorian nilai kriteria ideal, dan perhitungan nilai presentase kelayakan produk. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas produk LKS biologi yang dikembangkan menurut penilaian ahli berkatagori baik dengan presentase keidealan sebesar 80,71 %; menurut penilaian peer reviewer berkatagori baik dengan persentase keidealan sebesar 81,58 %; menurut penilaian guru biologi berkatagori baik dengan persentase keidealan sebesar 79,56 %; sedangkan menurut respon siswa berkatagori sangat baik dengan persentase keidealan sebesar 84,69 %. Dengan demikian, produk yang dikembangkan dapat digunakan sebagai media pembelajaran biologi di kelas XI MA. Kata kunci : LKS biologi, muatan keislaman, peredaran darah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sulistiyawati S. Pd. I., M.Si
Uncontrolled Keywords: LKS biologi, muatan keislaman, peredaran darah.
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 Jun 2016 10:51
Last Modified: 06 Jun 2016 10:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20671

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum