KEANEKARAGAMAN DAN PERSEBARAN JENIS IMAGO CAPUNG (ODONATA) DI BAGIAN HULU BANTARAN SUNGAI CODE D.I.YOGYAKARTA

ARIF RAHMAN HAKIM, NIM. 10640007 (2016) KEANEKARAGAMAN DAN PERSEBARAN JENIS IMAGO CAPUNG (ODONATA) DI BAGIAN HULU BANTARAN SUNGAI CODE D.I.YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEANEKARAGAMAN DAN PERSEBARAN JENIS IMAGO CAPUNG (ODONATA) DI BAGIAN HULU BANTARAN SUNGAI CODE D.I.YOGYAKARTA)
10640007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KEANEKARAGAMAN DAN PERSEBARAN JENIS IMAGO CAPUNG (ODONATA) DI BAGIAN HULU BANTARAN SUNGAI CODE D.I.YOGYAKARTA)
10640007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian mengenai keanekaragaman dan persebaran jenis imago Odonata telah dilakukan di bagian hulu bantaran Sungai Code. Latar belakang penelitian ini didasari atas asumsi bahwa hulu sungai Code terus mengalami banyak perubahan fisik dan biologi sehingga perlu dilakukan penelitian khusus mengenai keberadaan populasi Odonata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai indeks keanekaragaman dan penyebaran populasinya. Penelitian dilakukan pada bulan Februari hingga Maret 2015 menggunakan metode point count dengan kombinasi line transect yang dibagi atas tiga stasiun utama. Stasiun I berada di bantaran Sungai Boyong Kumendung, Candibinangun, Pakem (S 07038.858’; E 110023.940’), Stasiun II berada di bantaran Sungai Trasi Cemoroharjo, Candibinagun, Pakem (S 07038.576’; E 110024. 576’), dan Stasiun II berada di bantaran Sungai Jurang Jero, Jurang Jero, Hargobinangun, Pakem (S 07038.779’ ; E 110024.685’). Data dianalisa secara deskriptif kualitatif. Sebanyak 21 jenis Imago Odonata berhasil ditemukan yang terdiri dari jenis Orthetrum sabina, Orthetrum pruinosum, Diplacodes trivialis, Pantala flavescens, Neurothemis ramburii, Neurothemis terminata, Potamarcha congener, Thylomis tillarga, Crocothemis servillia, Brachythemis contaminata, Agrionoptera insignis, Tetrathemis irregularis, Spesies 2 (Famili: Aeshnidae), Agriocnemis femina, Agriocnemis pygmea, Ischnura senegalensis, Pseudagrion pruinosum, Copera marginipes, Rhinocypha fenestrata, Euphea variegata, dan Spesies 3 (Famili: Protoneuridae). Nilai indeks keanekaragaman imago Odonata di Stasiun I sebesar 3,36; Stasiun II sebesar 3,67; dan Stasiun III sebesar 3,34. Indeks nilai penting imago Odonata paling tinggi adalah jenis Orthetrum sabina (50,09 %) berada di Stasiun I dan terendah yakni jenis Neurothemis terminata, Agrionoptera insignis, Pseudagrion pruinosum, Tetrathemis irregularis, Spesies A (Famili: Aeshnidae), dan Spesies B (Famili: Protoneuridae) (3,06 %) ada di Stasiun II. Penyebaran jenis imago Odonata menggambarkan bahwa lebih banyak jenis yang sifat penyebarannya berkelompok dibandingkan jenis yang sifat penyebarannya merata dan tidak ada jenis yang sifat penyebarannya acak. Kombinasi faktor lingkungan yang ada di dalamnya mempengaruhi derajat keanekaragaman dan sifat penyebaran tiap komunitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Siti Aisah, M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Imago, Keanekaragaman, Odonata, Penyebaran, Sungai Code
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 16 May 2016 13:47
Last Modified: 16 May 2016 13:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20683

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum