DISTRIBUSI ZAKAT PRODUKTIF BAGI FAKIR MISKIN DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (Studi Pelaksanaan Program Madrasah Ekonomi Mandiri Dompet Dhuafa Yogyakarta)

ANDY PUTRA WIJAYA, NIM. 1320312110 (2016) DISTRIBUSI ZAKAT PRODUKTIF BAGI FAKIR MISKIN DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (Studi Pelaksanaan Program Madrasah Ekonomi Mandiri Dompet Dhuafa Yogyakarta). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DISTRIBUSI ZAKAT PRODUKTIF BAGI FAKIR MISKIN DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (Studi Pelaksanaan Program Madrasah Ekonomi Mandiri Dompet Dhuafa Yogyakarta))
1320312110_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (DISTRIBUSI ZAKAT PRODUKTIF BAGI FAKIR MISKIN DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (Studi Pelaksanaan Program Madrasah Ekonomi Mandiri Dompet Dhuafa Yogyakarta))
1320312110_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Zakat merupakan salah satu dari lima rukun yang ditetapkan dalam Islam, sehingga dibahas dalam pokok bahasan ”íbadat”, di samping itu zakat juga merupakan bagian sistem sosial-ekonomi Islam karena terkandung unsur distribusi kekayaan dari orang kaya terhadap orang miskin sebagai wujud pemerataan kekayaan yang bertujuan untuk menghindari ketimpangan sosial. Program Madrasah Ekonomi Mandiri merupakan program yang dibuat oleh Dompet Dhuafa Yogyakarta, sebagai salah satu model atau cara pendistribusian zakat yang didedikasikan untuk pemberdayaan masyarakat miskin di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dalam bidang ekonomi produktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atau dampak distribusi zakat produktif, khususnya dari Program Madrasah Ekonomi Mandiri Dompet Dhuafa Yogyakarta, terhadap kemaslahatan agama (hifzh al-Din), jiwa (hifzh al-Nafs), akal (hifzh al-Aql), keturunan (hifzh al-Nasl), dan harta (hifzh al-Mal) mustahik dalam perspektif maqashid asy-syari’ah. Pendekatan maqasyid asy-syari’ah digunakan dalam penelitian ini karena zakat sebagai bagian dari hukum atau syari’at yang ditetapkan oleh Allah SWT, yang pasti mempunyai tujuan untuk kemaslahatan umat. Fokus penelitian pada kemaslahatan kebutuhan dharuriyyat, yaitu dalam kemaslahatan agama (hifzh al-Din), jiwa (hifzh al-Nafs), akal (hifzh al-Aql), keturunan (hifzh al-Nasl), dan harta (hifzh al-Mal) mustahik yang dapat digali dari teori maqashid asy-syari’ah. Berdasarkan analisis data kualitatif dari lapangan, dapat diketahui bahwa Program Madrasah Ekonomi Mandiri dilaksanakan bekerjasama dengan Lembaga Keuangan Baitul Maal Wa Tamwil (BMT) yang merupakan jejaring Dompet Dhuafa Yogyakarta. Program Madrasah Ekonomi Mandiri memberikan 2 (dua) hal mendasar kepada fakir miskin penerima manfaat program yaitu penguatan kapabilitas modal usaha dan pendampingan rutin sebagai inkubator usaha kepada penerima manfaat. Program Madrasah Ekonomi Mandiri memberikan dampak kemaslahatan dharuriyyat yang terdiri dari hifhz al-Din, hifhz al-Nafs, Hifhz al- Aql, hifhz al-Nasl, dan hifhz al-Mal. Kata kunci : distribusi zakat produktif, Program Madrasah Ekonomi Mandiri Dompet Dhuafa Yogyakarta, maqashid asy-syari’ah, kemaslahatan kebutuhan dharuriyyat

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hamim Ilyas, M.A
Uncontrolled Keywords: distribusi zakat produktif, Program Madrasah Ekonomi Mandiri Dompet Dhuafa Yogyakarta, maqashid asy-syari’ah, kemaslahatan kebutuhan dharuriyyat
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Jun 2016 08:11
Last Modified: 01 Jun 2016 08:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20706

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum