EFEKTIVITAS PENGAWASAN DEWAN PENGAWAS SYARIAH PADA BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH DI PROVINSI D.I. YOGYAKARTA

KHOTIBUL UMAM, NIM: 1420311029 (2016) EFEKTIVITAS PENGAWASAN DEWAN PENGAWAS SYARIAH PADA BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH DI PROVINSI D.I. YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENGAWASAN DEWAN PENGAWAS SYARIAH PADA BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH DI PROVINSI D.I. YOGYAKARTA)
1420311029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENGAWASAN DEWAN PENGAWAS SYARIAH PADA BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH DI PROVINSI D.I. YOGYAKARTA)
1420311029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pelanggaran terhadap prinsip-prinsip syariah dapat mengakibatkan hilangnya kepercayaan masyarakat terhadap lembaga keuangan syariah yang akan berujung pada risiko penarikan dana (rush), risiko likuiditas dan lainnya. Dewan Pengawas Syariah sebagai otoritas yang berwenang dalam mengawasi kepatuhan syariah memiliki peranan penting dalam menjaga pemenuhan syariah disetiap produk dan aktifitas operasional Perbankan Syariah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi efektivitas pengawasan Dewan Pengawas Syariah pasca diterbitkannya Surat Edaran Bank Indonesia No. 15/22/DPbS Tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Tugas dan Tanggug Jawab Dewan Pengawas Syariah Bank Pembiayaan Syariah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kombinasi (mixed methods) dengan model sequential exploratory design. Lokasi dalam penelitian ini menggunakan tiga buah Bank Pembiayaan Rakyat Syariah yang dipilih dengan menggunakan sistem purposive sampling yang didasarkan atas keterwakilan BPRS di Provinsi D.I Yogyakarta yang memiliki peringkat paling atas, menengah dan bawah berdasarkan peringkat BPRS posisi Januari 2015 di D.I Yogyakarta. Hasil analisis penulis terhadap pengukuran kriteria efektivitas pengawasan menunjukkan bahwa efektivitas pengawasan syariah yang dilakukan oleh Dewan Pengawas Syariah terhadap Bank Pembiayaan Rakyat Syariah di D.I. Yogyakarta sudah belum sepenuhnya efektif dikarenakan minimnya frekuensi pengawasan yang dilakukan oleh Dewan Pengawas Syariah dan belum maksimalanya penerapan Skeptic Professional yang diakukan oleh Dewan Pengawas Syariah dalam pengukuran validasi/keakuratan data yang diberikan oleh pegawai, direksi dan satuan pengendali internal Bank Pembiayaan Rakyat Syariah. Dalam penelitian ini peneliti menemukan faktor-faktor yang menghambat efektivitas pengawasan Dewan Pengawas Syariah, yang terdiri terdiri dari adanya kelemahan dalam peraturan yang mengatur tentang Pedoman Pelaksanaan Tugas dan Tanggung Jawab Dewan Pengawas Syariah Bank Pembiayaan Rakyat Syariah, dan profesi Dewan Pengawas Syariah belum dianggap sebagai profesi yang utama. Adapun faktor-faktor yang mendorong efektivitas pengawasan Dewan Pengawas Syariah dalam penelitan ini terdiri dari kompetensi, pengalaman kerja, kemampuan solvabilitas keuangan, integritas, kejujuran, reputasi, dan independensi yang dimiliki Dewan Pengawas Syariah serta adanya keterbukaan dari pegawai dan direksi Bank Pembiayaan Rakyat Syariah dalam memberikan informasi dan mendukung efektivitas pengawasan Dewan Pengawas Syariah. Kata kunci: Dewan Pengawas Syariah, efektivitas dan pengawasan

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hamim Ilyas, M.A
Uncontrolled Keywords: Dewan Pengawas Syariah, efektivitas dan pengawasan
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Jun 2016 07:41
Last Modified: 03 Jun 2016 07:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20730

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum