PEREMPUAN DAN KEMISKINAN (Studi Kasus Perempuan Keluarga Miskin di Desa Batujai Kecamatan Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah Propinsi Nusa Tenggara Barat)

SYUKUR, NIM. 1320010003 (2016) PEREMPUAN DAN KEMISKINAN (Studi Kasus Perempuan Keluarga Miskin di Desa Batujai Kecamatan Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah Propinsi Nusa Tenggara Barat). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEREMPUAN DAN KEMISKINAN (Studi Kasus Perempuan Keluarga Miskin di Desa Batujai Kecamatan Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah Propinsi Nusa Tenggara Barat))
1320010003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PEREMPUAN DAN KEMISKINAN (Studi Kasus Perempuan Keluarga Miskin di Desa Batujai Kecamatan Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah Propinsi Nusa Tenggara Barat))
1320010003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pola hubungan kerja yang dilakukan oleh perempuan dan laki-laki di Desa Batujai. Yang mana pola hubungan kerja ini merupakan langkah yang dibangun berdasarkan segmentasi pasar kerja, baik secara domestik maupun non-domestik. Selain itu, kemiskinan yang dihadapi oleh perempuan keluarga miskin, membentuk peran ganda yang semakin mengasah kreativitas perempuan keluarga miskin dan memiliki strategi tersendiri dalam ikut andil menjamin kesejahteraan keluarga. Dengan demikian, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pola hubungan kerja perempuan dan laki-laki dalam meningkatkan ekonomi keluarga. Dan, bagaimana peran dan strategi yang dilakukan oleh perempuan keluarga miskin. Sehingga tujuan dalam penelitian ini adalah menemukan pola hubungan kerja dan menemukan peran dan strategi perempuan keluarga miskin di Desa Batujai. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menghasilkan penelitian kualitatif deskriptif tentang Perempuan dan Kemiskinan (Studi Kasus Perempuan Keluarga Miskin). Di mana rumusan masalah yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah Pertama, bagaimana pola hubungan kerja perempuan dan laki-laki dalam keluarga. Keduan, bagaimana peran dan strategi perempuan keluarga miskin dalam meningkatkan ekonomi keluarga. Ketiga, bagaimana sumbangsih peran perempuan keluarga miskin terhadap peningkatan ekonomi keluarga dalam konstruksi budaya patriarki. Adapun metode yang penulis gunakan dalam menjawab rumusan masalah dalam penelitian ini adalah dengan metode studi kasus (case study). Adapun hasil dalam penelitian ini adalah, pertama, ada dua pola hubungan kerja antara perempuan dan laki-laki di Desa Batujai. yakni: 1) pola hubungan kerja timbal balik yang dimaknai sebagai proses keterbukaan laki-laki terhadap perempuan untuk saling membantu dan tidak menyakiti satu sama lain dan kewajiban moral dalam merespon persoalan keluarga terhadap persoalan ekonomi. Dan, 2) pola hubungan kerja adaptasi yang lebih didasari pada nilai-nilai solidaritas sosial dan tumbuh kembang anak. Kedua, peran dan strategi perempuan keluarga miskin. Dalam kontek peran, perempuan di desa batujai memiliki peran sebagai seorang ibu rumah tangga, manajemen keluarga dan membantu suami bekerja. Sedangkan, strategi yang dilakukan oleh perempuan keluarga miskin adalah strategi Nyensek, Beregun, bedagang, tekuih begawean. Kata kunci: Kemiskinan, Perempuan, Keluarga, Pola Hubungan Kerja.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Drs. Lathiful Khuluq, MA
Uncontrolled Keywords: Kemiskinan, Perempuan, Keluarga, Pola Hubungan Kerja.
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Jun 2016 08:12
Last Modified: 01 Jun 2016 08:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20735

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum