ANALISIS KEPUASAN PEMUSTAKA PADA PELAYANAN REFERENSI MENGGUNAKAN METODE KESENJANGAN (GAP ANALYSIS) DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA

YUSRAWATI, NIM: 1420010002 (2016) ANALISIS KEPUASAN PEMUSTAKA PADA PELAYANAN REFERENSI MENGGUNAKAN METODE KESENJANGAN (GAP ANALYSIS) DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KEPUASAN PEMUSTAKA PADA PELAYANAN REFERENSI MENGGUNAKAN METODE KESENJANGAN (GAP ANALYSIS) DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA)
1420010002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KEPUASAN PEMUSTAKA PADA PELAYANAN REFERENSI MENGGUNAKAN METODE KESENJANGAN (GAP ANALYSIS) DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA)
1420010002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, populasi penelitian yaitu pemustaka aktif pada Perpustakaan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta yang berjumlah 5210. Peneliti menentukan besaran sampel berpedoman pada Tabel Isaac dan Michael dengan tingkat kesalahan 10%, sehingga didapat sampel sebesar 257 dan teknik pengambilan sampel secara accidental sampling. Objek yang dikaji adalah 5 (lima) indikator dari variabel tunggal yaitu dimensi bukti fisik (tangibles), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsivenes), jaminan (assurance) dan empati (emphaty) pada pelayanan referensi di Perpustakaan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta yang dijadikan instrumen dalam penelitian ini dengan menjabarkan keseluruhan dimensi tersebut dalam bentuk pernyataan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, wawancara dan observasi. Hasil pengumpulan data dianalisis secara manual dan bantuan SPSS Version 21. Selanjutnya, pengolahan data menggunakan rumus tingkat kesesuaian, kesenjangan dan diagram kartesius. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pemustaka pada pelayanan referensi di Perpustakaan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta pada keseluruhan dimensi yaitu Bukti Fisik (Tangibles) sebesar 88.81% dan kesenjangan sebesar -6,14, Kehandalan (Reliability) 87.07% dan kesenjangan sebesar -3.3, Daya Tanggap (Responsiveness) 85.39% dan kesenjangan -2,49, Jaminan (Assurance) 89.17% dan kesenjangan sebesar -4,23, dan Empati (Empathy) 87.65% dan kesenjangan sebesar -2,48. Tingkat kepuasan pemustaka pada pelayanan referensi di Perpustakaan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta pada keseluruhan dimensi pelayanan yaitu berada pada katagori baik yang menunjukkan nilai tingkat kesesuaian sebesar 87.61%, dimana bila diinterpretasikan berdasarkan standar interpretasi berada pada katagori tingkat kesesuaian (Tki) ≥ 80% dan < 100%. Namun demikian, pemberian pelayanan referensi kepada pemustaka masih mempunyai kesenjangan (gap analysis) antara harapan dan persepsi yang dirasakan sebesar (-18.64). Artinya bahwa pelayanan referensi yang diterima oleh pemustaka secara keseluruhan belum memuaskan sebagaimana yang diharapkan. Kata Kunci: Kepuasan Pemustaka, Kesenjangan dan Pelayanan Referensi

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Anis Masruri, S.Ag., SIP., M.Si
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pemustaka, Kesenjangan dan Pelayanan Referensi
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Jun 2016 07:43
Last Modified: 07 Mar 2024 15:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20738

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum