PENERAPAN PRINSIP NILAI DAN ETIKA PEKERJAAN SOSIAL DALAM PRAKTIK PEKERJA SOSIAL DI BALAI REHABILITAS SOSIAL PAMARDI PUTRA (BRSPP) YOGYAKARTA

ABDUL NAJIB, NIM: 1420010003 (2016) PENERAPAN PRINSIP NILAI DAN ETIKA PEKERJAAN SOSIAL DALAM PRAKTIK PEKERJA SOSIAL DI BALAI REHABILITAS SOSIAL PAMARDI PUTRA (BRSPP) YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN PRINSIP NILAI DAN ETIKA PEKERJAAN SOSIAL DALAM PRAKTIK PEKERJA SOSIAL DI BALAI REHABILITAS SOSIAL PAMARDI PUTRA (BRSPP) YOGYAKARTA)
1420010003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN PRINSIP NILAI DAN ETIKA PEKERJAAN SOSIAL DALAM PRAKTIK PEKERJA SOSIAL DI BALAI REHABILITAS SOSIAL PAMARDI PUTRA (BRSPP) YOGYAKARTA)
1420010003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Nilai dan etika dalam pekerjaan sosial merupakan sebuah kerangka yang dapat dijadikan sebagai prinsip bagi praktik-praktik pekerja sosial. Pekerjaan sosial sebagai ilmu yang menitikbertkan proses praktiknya pada pengembalian keberfungsian sosial sesorang dilandasi dengan berbagai prinsip-prinsip dasar yang merupakan sumber pedoman dalam aspek keberhasilan dari aktivitas pekerjaan sosial. Dari konteks tersebut penelitian ini ingin nerespon dua pertanyaan penting yaitu: (1)Bagaimanakah penerapan prinsip nilai dan etika pekerjaan sosial di BRSPP Yogyakarta. (2) Kendala-kendala apa saja yang dihadapi dalam praktik penerapan nilai dan etika pekerjaan sosial dalam praktik pekerja sosial di BRSPP Yogyakarta. Guna memperoleh gambaran yang mendalam mengenai konsep tersebut,penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif yang mana peneliti ini mencoba menggambarkan subyek penelitian. Metode pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penerapan prinsip nilai dan etik pekerjaan sosial dengan tinjauan pada aspek kerahasiaan, self-determination, obyektfifikasi, individualisasi, pengungkapan perasaan-perasaan dan akuntabilitas. Keseluruhan konsep ini terdapat beberapa hal yang digunakan dalam melakukan praktik pekerja sosial yang ada di BRSPP Yogyakarta. Namun pada aspek tersebut tentu memiliki kendala yang menjadi faktor penghambat dalam penerapan prinsip tesebut seperti; faktor budaya dan lingkungan sosial. Selain itu faktor bagi pekerja sosial dan lembagapun menjadi terkendala seperti kendala internal yaitu kendala yang bersumber dari dalam diti pekerja sosial itu sendiri. Sedangkan kendala eksternal adalah kendala yang bersumber dari luar pekerja sosial seperti; kebijakan yang baku, dan kurangnya sumber daya pendukung, serta gejala dilemaetis. Kata Kunci: Penerapan, Prinsip Nilai dan Etika, Pekeerjaan Sosial.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Ro'fah, BSW., M.A., Ph. D
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Prinsip Nilai dan Etika, Pekeerjaan Sosial.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdiscilinary Islamic Studies
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Jun 2016 01:16
Last Modified: 01 Jun 2016 01:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20739

Actions (login required)

View Item View Item