HUBUNGAN ANTARA IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENGETAHUAN DAN KOMPETENSI PUSTAKAWAN DI PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

THORIQ TRI PRABOWO, NIM. 1420011016 (2016) HUBUNGAN ANTARA IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENGETAHUAN DAN KOMPETENSI PUSTAKAWAN DI PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENGETAHUAN DAN KOMPETENSI PUSTAKAWAN DI PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
1420011016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENGETAHUAN DAN KOMPETENSI PUSTAKAWAN DI PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
1420011016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

[INDONESIA]Pengetahuan merupakan kunci untuk menyelesaikan permasalahan dalam sebuah organisasi. Kegiatan mengorganisir pengetahuan disebut dengan manajemen pengetahuan. Manajemen pengetahuan melekat pada semua organisasi termasuk perpustakaan. Salah satu manfaat mengimplementasikan manajemen pengetahuan adalah untuk meningkatkan kompetensi SDM (pustakawan). Berdasarkan hasil penelitian terdahulu, diketahui bahwa pustakawan di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta memiliki kompetensi yang kurang baik jika didasarkan pada SKKNI. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui tingkat implementasi manajemen pengetahuan yang dilakukan pustakawan di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2) Mengetahui tingkat kompetensi pustakawan di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan 3) Mengetahui hubungan antara implementasi manajemen pengetahuan dan kompetensi pustakawan di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pustakawan di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga. Penelitian ini merupakan penelitian populasi karena jumlah populasinya hanya 21 orang. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Untuk mengetahui lebih dalam kondisi di lapangan digunakan juga observasi nonpartisipatif, wawancara dan dokumentasi. Pengukuran data dalam penelitian ini menggunakan skala likert. Uji validitas menggunakan rumus pearson’s product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Analisis data dibagi ke dalam tiga tahap: 1) Analisis deskriptif menggunakan mean dan grand mean, 2) Uji korelasi menggunakan pearson’s product moment, dan 3) Uji hipotesis dengan membandingkan antara r tabel dan r hitung (0,456, didapatkan dari tabel r pada angka 19 dengan taraf kesalahan 5%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) impementasi manajemen pengetahuan di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta masuk dalam tingkat yang tinggi karena memperoleh nilai grand mean 3,958. 2) Kompetensi pustakawan di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta masuk dalam tingkat yang tinggi karena memperoleh nilai grand mean 3,961. 3) Terdapat hubungan yang positif antara implementasi manajemen pengetahuan dan kompetensi pustakawan di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dibuktikan dengan nilai r hitung yang positif yaitu 0,789, nilai tersebut juga menunjukkan bahwa tingkat hubungan kedua variabel adalah kuat. Dari hasil penelitian ada beberapa indikator yang perlu ditingkatkan, yaitu indikator yang memperoleh skor di bawah rata-rata. Salah satu temuan yang menarik adalah tingkat implementasi manajemen pengetahuan dan kompetensi pustakawan yang berlatar belakang pendidikan formal Ilmu Perpustakaan dan Informasi justru lebih rendah daripada pustakawan yang bukan berlatar belakang pendidikan formal Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Kata Kunci: Manajemen Pengetahuan dan Kompetensi Pustakawan [ENGLISH] Knowledge is a key to solve a problem in an organization. Knowledge management is an activity to organize the knowledge. Knowlegde management is very near with the organizations, include libraries. One of benefit will be gotten by implementation of knowledge management is the increase of human sources (librarians) competencies. Based on the past research, known that the competencies of librarians of UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Library was bad if it was measured by SKKNI. Objectives of this research are: 1) To know the level of implementation of knowledge management at UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Library; 2) To know the level of the librarian’s competencies at UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Library; 3) To know the correlation between the implementation of knowledge management and the librarian’s competencies at UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Library. This research is a quantitative descriptive research. The population are all of the librarians at UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Library which are 21 peoples. This is a population research because the limit of population number. The researcher used questionnaire to collect the data. The researcher also used nonparticipant observation, documentation, and interview to observe deeply. The measuring scale of the questionnaire is likert scale. Pearson’s product moment is used for validity test and Cronbach’s alpha is used for reliability test. Data analysis contains in three main steps: 1) Descriptive analysis used mean and grand mean; 2) Correlation test used Pearson’s product moment; 3) Hypothesis test is done by compare the r measured and r table (0.456 was gotten from r table on number 19 by the error standard was 5%). The results of the research are: 1) The level of implementation of knowledge management at UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Library is high, it is known by the number of grand mean of this variable is 3.958; 2) The level of the librarian’s competencies at UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Library is high, it is known by the number of grand mean of this variable is 3.961; 3) There is a correlation between the implementation of knowledge management and the librarian’s competencies at UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Library, it is known by the measurement of r. r measured (0.789) is higher than r table (0.456). the measure of r show that the level of correlation between the two variables is strong/high. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Library need to increase the indicator which obtained low score of mean. One of interest things on the research is the librarian who had graduated from library and information science (LIS) formal education is got lower score of implementation of knowledge management and competencies than librarian who had graduated from non-LIS formal education. Keyword: Knowledge Management and Librarians Competencies

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Anis Masruri, S.Ag., SIP., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pengetahuan dan Kompetensi Pustakawan, Knowledge Management and Librarians Competencies
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Jun 2016 08:14
Last Modified: 07 Mar 2024 15:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20752

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum