PENANAMAN NILAI KARAKTER DISIPLIN DAN SOPAN SANTUN MELALUI PEMBELAJARAN ETIKA BERLALU LINTAS DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL SAPEN YOGYAKARTA

HANAFI, NIM: 1420430004 (2016) PENANAMAN NILAI KARAKTER DISIPLIN DAN SOPAN SANTUN MELALUI PEMBELAJARAN ETIKA BERLALU LINTAS DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL SAPEN YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENANAMAN NILAI KARAKTER DISIPLIN DAN SOPAN SANTUN MELALUI PEMBELAJARAN ETIKA BERLALU LINTAS DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL SAPEN YOGYAKARTA)
1420430004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENANAMAN NILAI KARAKTER DISIPLIN DAN SOPAN SANTUN MELALUI PEMBELAJARAN ETIKA BERLALU LINTAS DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL SAPEN YOGYAKARTA)
1420430004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Penanaman karakter disiplin dan sopan santun di TK ABA Sapen Yogyakarta melalui pembelajaran etika berlalu-lintas. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa disiplin dan sopan santun merupakan hal yang sangat penting agar sekolah menjadi lembaga pembentukan diri untuk mencapai kesuksesan. Berkurangnya kesadaran bahkan hilangnya untuk bersikap disiplin dan sopan santun saat ini menjadi masalah serius bagi pemerintah. Oleh karena itu disusun kurikulum yang memuat pembelajaran yang menanamkan karakter yang berjumlah 18 dan diantaranya adalah karakter disiplin dan sopan santun. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis bagaimana pelaksanaan tentang penanaman karakter disiplin dan sopan santun tersebut. Di harapkan dari hasil penelitian ini dapat digunakan untuk mengetahui penanaman karakter disiplin dan sopan santun melalui pembelajaran etika berlalu lintas serta dampak dari penanaman karakter disiplin dan sopan santun di TK ABA Sapen Yogyakarta melalui pembelajaran etika berlalu lintas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi penelitian TK ABA Sapen Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi (pengamatan), dokumentasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan. Dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) pelaksanaan penanaman karakter disiplin dan sopan santun yaitu untuk penanaman karakter disiplin dilakukan dengan beberapa strategi oleh kepala sekolah dan guru, antara lain dengan menggunakan beberapa metode, kegiatan rutin sekolah. Tidak jauh berbeda dengan penanaman karakter sopan santun yaitu guru mencontohkan hal-hal yang baik, menasehati dengan sabar. 2) pembelajaran etika berlalu lintas diintegrasikan kedalam setiap tema-tema pelajaran. 3) dampak dari penanaman karakter disiplin dan sopan santun melalui pembelajaran diientegrasikan ke dalam tema pembelajaran adalah banyaknya peningkatan dari waktu kewaktu. Dapat dikatakan bahwa siswa sudah banyak mengalami kesadaran untuk memiliki sikap disiplin dan sopan santun dalam kehidupan sehari-hari. Kata kunci : Penanaman Karakter Disiplin , sopan santun, Anak Usia dini.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Sangkot Sirait, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Penanaman Karakter Disiplin , sopan santun, Anak Usia dini
Subjects: Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru RA - PAUD
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 Jun 2016 01:40
Last Modified: 08 Jun 2016 01:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20756

Actions (login required)

View Item View Item