ANALISIS KOMPETENSI GURU PAUD DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI TK IT SALMAN AL-FARISI 1 YOGYAKARTA

HIJRIATI, NIM. 1420430006 (2016) ANALISIS KOMPETENSI GURU PAUD DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI TK IT SALMAN AL-FARISI 1 YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KOMPETENSI GURU PAUD DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI TK IT SALMAN AL-FARISI 1 YOGYAKARTA)
1420430006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KOMPETENSI GURU PAUD DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI TK IT SALMAN AL-FARISI 1 YOGYAKARTA)
1420430006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan dilatarbelakangi oleh tuntutan kebijakan pemerintah tentang kualitas pendidik yang diatur sejak pendidikan anak usia dini dengan menguasai berbagai kompetensi atau kemampuan dalam mendidik calon putra-putri bangsa. Kompetensi guru merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan pendidikan yang dilaksanakan. Oleh karena itu, tenaga pendidik yang berkualitas akan mampu menghasilkan peserta didik yang tumbuh sesuai dengan tahap perkembangannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang dilakukan di TK IT Salman Al-Farisi 1 Yogyakarta. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah mendeskripsikan secara umum tentang sekolah unggulan yang memiliki pendidik berkualitas dan memiliki kompetensi yang bagus dan tidak harus dengan latar belakang pendidikan PAUD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang diarahkan pada field research. Jenis data yang digunakan adalah data-data yang diperoleh bersumber dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru TK IT Salman Al-Farisi 1 Yogyakarta dimaknai sebagai pendidik yang melaksanakan pembelajaran sesuai dengan tahap perkembangan anak dengan metode active learning. Guru TK IT Salman Al-Farisi 1 memiliki kompetensi yang memadai diantaranya kompetensi pedagogik dengan menyiapkan perangkat pembelajaran, kompetensi kepribadian dengan memberikan teladan yang baik kepada peserta didik dan menjaga kode etik guru, kompetensi profesional dengan mengikuti kegiatan pelatihan, seminar, dan workshop yang diadakan oleh dinas dan lembaga, serta kompetensi sosial dengan menjaga hubungan baik dengan masyarakat dan orang tua dalam memberikan pelayanan terbaik untuk memenuhi aspek perkembangan peserta didik. Guru TK IT Salman Al-Farisi 1 Yogyakarta terus berupaya untuk meningkatkan kompetensinya dengan mengikuti kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh dinas atau lembaga-lembaga yang berkaitan dengan PAUD. Pembelajaran yang dilaksanakan bertujuan untuk membekali peserta didik dengan nilai-nilai ketakwaan, menanamkan karakter JUSMANTUN (Jujur, Cerdas, Mandiri dan Santun), dan membangun perkembangan fisik, psikis, intelektual, dan sosial secara optimal sesuai tingkat perkembangan anak. Kata Kunci: Kompetensi, Pendidik PAUD, dan Pembelajaran anak.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Radjasa Muttasim, M. Si
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, guru PAUD
Subjects: Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru RA - PAUD
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Jun 2016 01:12
Last Modified: 01 Jun 2016 01:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20757

Actions (login required)

View Item View Item