PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM UPAYA PENANAMAN KOMPETENSI INTI ANAK USIA DINI DI PAUD TERPADU AN-NUUR SLEMAN, YOGYAKARTA

TRI UTAMI, NIM. 1420430010 (2016) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM UPAYA PENANAMAN KOMPETENSI INTI ANAK USIA DINI DI PAUD TERPADU AN-NUUR SLEMAN, YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM UPAYA PENANAMAN KOMPETENSI INTI ANAK USIA DINI DI PAUD TERPADU AN-NUUR SLEMAN, YOGYAKARTA)
1420430010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM UPAYA PENANAMAN KOMPETENSI INTI ANAK USIA DINI DI PAUD TERPADU AN-NUUR SLEMAN, YOGYAKARTA)
1420430010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendisikripsikan penerapan saintifik pada pembelajaran untuk penanaman kompetensi inti anak usia dini di PAUD Terpadu An-Nuur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang diarahkan pada field research. Data-data penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi serta dicoding menjadi CW (catatan wawancara), CL (catatan lapangan), dan CD (catatan dokumentasi). Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan model analisis interaktif. Data-data hasil penelitian diuji kembali keabsahannya dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan saintifik dilakukan melalui 5 tahap atau kegiatan meliputi (1) mengamati yaitu menyajikan benda atau objek nyata dari tema yang dibahas untuk diamati oleh anak menggunakan semua inderanya; (2) menanya yaitu memberikan kesempatan kepada semua anak untuk menanyakan hal-hal yang menarik rasa ingin tahu mereka mengenai topik yang menjadi pembahasan; (3) mengumpulkan informasi yaitu melakukan percobaan sederhana untuk membuktikan pertanyaan yang diajukan oleh anak dan mengumpulkan informasi mengenai topik yang dibahas dari berbagai sumber; (4) menalar yaitu mendiskusikan untuk membuat kesimpulan mengenai topik yang dibahas dan menggabungakan antara pengetahuan yang telah dimiliki anak dengan pengetahuan baru yang diperoleh; (5) mengkomunikasikan yaitu mengkomunikasikan pengetahuan yang diperoleh baik melalui bahasa / cerita dan juga hasil karya. Bentuk penanaman kompetensi inti yang ditanamkan di PAUD Terpadu An-Nuur meliputi: (1) KI-1 untuk sikap spiritual ditanamkan melalui pembiasaan anak-anak untuk menjalankan ajaran agama Islam; (2) KI-2 Sikap Sosial ditanamkan melalui kegiatan pembiasaan sehari-hari yang dilakukan anak di sekolah seperti sikap mandiri, disiplin, kerjasama, jujur, peduli, percaya diri, dan nilai-nilai kehidupan lainnya; (3) KI-3 Pengetahuan ditanamkan dengan mengajak anak-anak menemukan dan mencari sendiri pengetahuan melalui pembelajaran dengan pendekatan saintifik; (4) KI-4 Keterampilan ditanamkan dengan cara memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menunjukkan apa yang diketahui dan difikirkan melalui keterampilan baik dengan bahasa maupun hasil karya kreatif anak pada masing-masing sentra. Kata kunci : Pendekatan Saintifik, Pembelajaran, Kompetensi Inti Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Prof. Dr. Hamruni, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Saintifik, Pembelajaran, Kompetensi Inti Anak Usia Dini
Subjects: Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdiscilinary Islamic Studies
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 Jun 2016 01:40
Last Modified: 08 Jun 2016 01:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20760

Actions (login required)

View Item View Item