PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KAMUS TEMATIK TIGA BAHASA (INDONESIA, ARAB, INGGRIS) UNTUK MENSTIMULASI KOGNITIF ANAK USIA DINI

SAPTIANI, Nim: 1420430011 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KAMUS TEMATIK TIGA BAHASA (INDONESIA, ARAB, INGGRIS) UNTUK MENSTIMULASI KOGNITIF ANAK USIA DINI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KAMUS TEMATIK TIGA BAHASA (INDONESIA, ARAB, INGGRIS) UNTUK MENSTIMULASI KOGNITIF ANAK USIA DINI)
1420430011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (18MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KAMUS TEMATIK TIGA BAHASA (INDONESIA, ARAB, INGGRIS) UNTUK MENSTIMULASI KOGNITIF ANAK USIA DINI)
1420430011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa Kamus Tematik Tiga Bahasa (Indonesia, Arab, Inggris) untuk menstimulasi kognitif anak usia dini, menguji cobakan dan menganalisis kelayakan produk untuk menstimulasi kognitif pada anak usia dini, dan mengetahui kelebihan dan kekurangan Kamus Tematik Tiga Bahasa (Indonesia, Arab, Inggris) untuk menstimulasi kognitif anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan research and development (R&D). Adapun pengumpulan data menggunakan instrumen lembar pengamatan, angket dan panduan wawancara. Selanjutnya dianalisa dengan konversi data kuantitatif ke kualitatif yang akhirnya pada pengambilan suatu kesimpulan. Kamus tematik memberikan stimulasi perkembangan kognitif dengan cara mengingat kosa kata baik bahasa Arab maupun bahasa Inggris yang disajikan pada setiap tema. Indikator kognitif disesuaikan dengan kurikulum yaitu konsep pengetahuan umum, konsep bentuk, ukuran, warna, dan pola serta konsep bilangan, lambang bilangan dan huruf. Pengembangan ini berdasarkan model penelitian Research and Development menurut Borg & Gall dimana langkahlangkahnya ialah analisis kebutuhan, desain, pengembangan, dan validasi serta dilengkapi dengan melihat implikasi kelayakan melalui pre-test dan post-test. Hasil pengembangan kamus tematik melalui uji coba validitas produk, revisi, uji coba pengguna produk, dan evaluasi serta pre-test dan post-test perkembangan kognitif. Berdasarkan hasil uji coba bahwa produk secara umum layak digunakan sebagai media untuk menstimulasi kognitif anak usia dini. Hal ini didasari dari skor penilaian validitas produk ahli materi 4.06 (Baik), validitas produk ahli media 4.33 (Sangat Baik), pengguna produk 4.28 (Sangat Baik) dan hasil evaluasi akhir 4.05 (Baik), sementara hasil asessment perkembangan kognitif pre-test 1.82 (Kurang), dan post-test 3.60 (Baik). jadi dapat disimpulkan bahwa produk kamus tematik layak menjadi media pembelajaran untuk menstimulasi kognitif anak usia dini. Kata kunci: Media Pembelajaran, Kamus Tematik Tiga Bahasa, Kognitif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Hariyanto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Kamus Tematik Tiga Bahasa, Kognitif.
Subjects: Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdiscilinary Islamic Studies
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Jun 2016 00:44
Last Modified: 03 Jun 2016 00:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20761

Actions (login required)

View Item View Item