PERAN KEPALA DESA DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT PADA PEMILIHAN UMUM PRESIDEN TAHUN 2014 DI KECAMATAN KALASAN KABUPATEN SLEMAN

MOHAMMAD NUR ARIS SHOIM, NIM. 11340144 (2016) PERAN KEPALA DESA DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT PADA PEMILIHAN UMUM PRESIDEN TAHUN 2014 DI KECAMATAN KALASAN KABUPATEN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN KEPALA DESA DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT PADA PEMILIHAN UMUM PRESIDEN TAHUN 2014 DI KECAMATAN KALASAN KABUPATEN SLEMAN)
11340144_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERAN KEPALA DESA DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT PADA PEMILIHAN UMUM PRESIDEN TAHUN 2014 DI KECAMATAN KALASAN KABUPATEN SLEMAN)
11340144_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Partisipasi politik merupakan salah satu bentuk keterlibatan rakyat di dalam pengembangan sebuah negara. Partisipasi politik pada dasarnya berasal dari kesadaran individu ataupun kelompok untuk turut terlibat di dalam proses pengambilan kebijakan dan turut serta dalam pengembangan suatu negara. Semakin tinggi tingkat partisipasi politik mengindikasikan bahwa rakyat mengikuti dan memahami serta melibatkan diri dalam kegiatan kenegaraan. Sebaliknya tingkat partisipasi politik yang rendah pada umumnya mengindikasikan bahwa rakyat kurang menaruh apresiasi atau minat terhadap masalah atau kegiatan kenegaraan. Indonesia merupakan salah satu negara yang menganut paham demokrasi, sebagai negara yang menganut paham demokrasi Indonesia memerlukan partisipasi aktif dari seluruh warga negara tidak terkecuali masyarakat agar proses demokrasi dapat berjalan dengan maksimal. partisipasi masyarakat dalam politik sangat dibutuhkan. Jumlah masyarakat yang begitu besar tidak diimbangi oleh partisipasi politik yang tinggi, sehingga dibutuhkan sebuah upaya untuk meningkatkan partisipasi politik tersebut. Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis faktor dominan peran kepala desa di kecamatan kalasan kabupaten Sleman dalam mempengaruhi masyarakat untuk menggunakan partisipasi politik pada pemilihan Presiden tahun 2014, diharapkan hasil penelitian ini dapat membantu pemerintah untuk meningkatkan partisipasi politik masyarakat dan juga hambatan-hambatanya. Adapun metode yang di gunakan peneliti dalam mengungkap Peran Kepala Desa dalam Meningkatkan Partisipasi politik Masyarakat pada tahun 2014 di Kecamatan Kalasan adalah menggunakan metode (field research) yaitu terjun langsung kelapangan yang menjadi obyek penelitian untuk memperoleh sumber data, seperti halnya dengan mengadakan wawancara kepada narasumber secara langsung dan juga pengamatan langsung peneliti baik dengan bahan yang sudah dipelajari oleh peneliti (library research). Sifat penelitian yang digunakan adalah kualitatif, deskfiptif, normative. Penelitian ini merupakan penelitian tentang Partisipasi politik masyarakat di Kecamatan Kalasan. Peranan kepala desa mempunyai imbas yang sangat penting bagi masyarakat Kecamatan Kalasan untuk memberikan suaranya dalam pemilihan Presiden pada tahun 2014, hal ini bisa dibuktikan dengan meningkatnya partisipasi masyarakat kecamatan kalasan pada tahun 2014 menembus 80,87% dibandingkan pada tahun 2009 tingkat partisipasi politik masyarakatnya hanya 75,89% dan juga pada tahun 2004 hanya 72,44% . ini menunjukkan bahwa peran kepala desa dalam meningkatkan partisipasi politik masyarakat pada pemilihan presiden tahun 2014 mempunyai dominasi tersendiri terhadap masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Udiyo Basuki, S.H.,M.Hum
Uncontrolled Keywords: Peran, Partisipasi Politik, Pemilu Presiden.
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 23 May 2016 14:41
Last Modified: 23 May 2016 14:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20770

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum