STRATEGI KREATIF RADIO UNISIA DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA SEBAGAI LEMBAGA RADIO

MUSYAROFAH, NIM. 11210144 (2016) STRATEGI KREATIF RADIO UNISIA DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA SEBAGAI LEMBAGA RADIO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI KREATIF RADIO UNISIA DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA SEBAGAI LEMBAGA RADIO)
11210144_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (821kB) | Preview
[img] Text (STRATEGI KREATIF RADIO UNISIA DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA SEBAGAI LEMBAGA RADIO)
11210144_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (798kB)

Abstract

Perkembangan radio di Indonesia setelah merdeka diawali degan lahirnya Radio replubik Indonesia pada tanggal 11 September 1945. Tingkat persaingan stasiun radio di kota-kota besar ini cukup tinggi dalam merebut perhatian audien.Program radio harus dikemas sedemikian rupa supaya menarik perhatian dan dapat diikuti orang sebanyak mungkin. Radio Unisia merupakan salah satu radio AM di Yogyakarata yang berbasis Islam agar dapat mempertahankan eksistensinya di dunia penyiara ndan agar tetap bias menarik minat masyarakat radio Unisia dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif. Dalam menghadapi persaingan tersebut, radio Unisia tentu dan harus memiliki strategi-strategi kreatif atau terobosan-terobosan baru yang menarik dalam mengelola dan menarik minat masyarakat. Adapun penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif, yakni penulis berusaha mengetahui dan menggambarkan strategi kreatif radio Unisia dalam mempertahankan eksistensinya sebagai lembaga radio. Setelah melakukan analisis dengan menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman yang terdiri dari empat tahapan, yaitu: pengumpulan, reduksi penyajian, dan verifikasi data maka diperoleh kesimpulan bahwa radio Unisia menggunakan empat strategi yang pertama menentukan radio pesaing dengan mendata dan memantau radio-radio pesaing yang berada di Yogyakarta, kedua mendengarkan radio pesaing untuk mengamati dan mencermati acara-acara yang digarap baik acara harian atau mingguan ketiga menganalisa isi dan materi radio pesaing dengan mencatat isi radio-radio pesaing yang kemudian di analisa kelemahan serta kelebihanya, dan yang keempat menyusun strategi untuk melawan radio pesaing dengan menyajikan program-program secara mendalam, dikarenakan radio ini berbasis religi, maka seluruh programnya dikemas religi. Radio Unisia juga berusaha meningkatkan kualitas program-programnya, seperti mendatangkan narasumber yang lebih baik, pemilihan materi yang lebih matang dan berkualitas serta relevan dengan permasalahan sehari-hari pendengarnya. Kata Kunci: Strategi Kreatif, Radio Unisia, mempertahankan Eksistensi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Saptoni, S. Ag., M.A.
Uncontrolled Keywords: Strategi Kreatif, Radio Unisia, mempertahankan Eksistensi.
Subjects: Komunikasi Islam
Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Jun 2016 08:34
Last Modified: 02 Jun 2016 08:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20801

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum