PENGARUH PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X MAN GANDEKAN BANTUL YOGYAKARTA TA 2010/2011

PUJI ASTUTI, NIM. 07680009 (2011) PENGARUH PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X MAN GANDEKAN BANTUL YOGYAKARTA TA 2010/2011. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X MAN GANDEKAN BANTUL YOGYAKARTA TA 2010/2011)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X MAN GANDEKAN BANTUL YOGYAKARTA TA 2010/2011)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) pengaruh pendekatan konstruktivisme terhadap kemampuan berpikir divergen; (2) pengaruh pendekatan konstruktivisme terhadap hasil belajar; (3) pengaruh pendekatan keterampilan proses terhadap kemampuan berpikir divergen; (4) pengaruh pendekatan keterampilan proses terhadap hasil belajar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment atau eksperimen semu. Variabel penelitian ini terdiri atas variabel bebas berupa pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme dan pendekatan keterampilan proses sedangkan variabel terikat berupa kemampuan berpikir divergen dan hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terbagi menjadi 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Didapatkan kelas X3 sebagai kelas eksperimen dengan pendekatan keterampilan proses, kelas X4 sebagai kelas eksperimen dengan pendekatan konstruktivisme dan kelas X5 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini menggunakan soal tes (pretest-posttest) dan lembar observasi. Analisis kemampuan berpikir divergen menggunakan analisis uji non parametrik dengan Kruskal Wallis, sedangkan hasil belajar siswa dianalisis dengan uji anava yang dilanjutkan dengan uji Scheffe’s. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis, maka dapat diketahui pengaruh yang signifikan pada pendekatan konstruktivisme terhadap kemampuan berpikir divergen menunjukkan hasil perbedaan rerata sebesar 16,40860 6,62016 sehingga H0 ditolak. Pengaruh yang signifikan pada pendekatan konstruktivisme terhadap hasil belajar menunjukkan perbedaan rerata sebesar 1,979 dengan signifikansi 0,000 sehingga H0 ditolak. Pengaruh yang signifikan pada pendekatan keterampilan proses terhadap kemampuan berpikir divergen menunjukkan hasil perbedaan rerata sebesar 14,32006 6,51417 sehingga H0 ditolak. Pengaruh yang signifikan pada pendekatan keterampilan proses terhadap hasil belajar menunjukkan perbedaan rerata sebesar 2,733 dengan signifikansi 0,000 sehingga H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan; (1) pendekatan konstruktivisme berpengaruh terhadap kemampuan berpikir divergen; (2) pendekatan konstruktivisme berpengaruh terhadap hasil belajar; (3) pendekatan keterampilan proses berpengaruh terhadap kemampuan berpikir divergen; (4) pendekatan keterampilan proses berpengaruh terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Runtut Prih Utami, M. Pd
Uncontrolled Keywords: pendekatan konstruktivisme, pendekatan keterampilan proses, berpikir divergen, hasil belajar
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 25 May 2016 02:29
Last Modified: 25 May 2016 02:29
URI: https://digilib.uin-suka.ac.id:80/id/eprint/20809

Actions (login required)

View Item View Item