STRATEGI KOMUNIKASI PENGGALANGAN DANA SOSIAL SEDEKAH ROMBONGAN MELALUI INSTAGRAM

JIDDATUN NIHAYAH, NIM 12210027 (2016) STRATEGI KOMUNIKASI PENGGALANGAN DANA SOSIAL SEDEKAH ROMBONGAN MELALUI INSTAGRAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI KOMUNIKASI PENGGALANGAN DANA SOSIAL SEDEKAH ROMBONGAN MELALUI INSTAGRAM)
12210027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI KOMUNIKASI PENGGALANGAN DANA SOSIAL SEDEKAH ROMBONGAN MELALUI INSTAGRAM)
12210027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini seakan membuat mayoritas masyarakat Indonesia beralih memanfaatkan media sosial sebagai aktifitas kesehariannya. Salah satu bagian dari masyarakat yaitu komunitas Sedekah Rombongan juga ikut serta dalam memanfaatkan jejaring sosial terutama Instagram untuk penggalangan dana. Sedekah Rombongan merupakan komunitas atau gerakan sosial yang bertujuan untuk membantu para dhuafa yang membutuhkan bantuan, khususnya pada pendampingan kesehatan. Bantuan lain juga dilaksanakan kepada panti asuhan, majid, panti jompo, bencana alam dan lain-lain. menariknya dari Sedekah Rombongan adalah selama kurang dari lima tahun mampu mengumpulkan dana sebesar 35 Milliar. Dari hal tersebut itulah yang menarik untuk diteliti strategi komunikasi penggalangan dana sosial tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknis analisis data dari Miles and Huberman. Teori yang digunakan adalah menggabungkan antara perencanaan strategi komunikasi menurut Robert J Lavidge and Grey A Steiner dan strategi komunikasi secara umum menurut R.Wayne Pace, Brent D. Gabungan dari dua teori tersebut menghasilkan lima strategi yaitu to scure understanding, to establish acceptance, to motivate action, to inform dan to persuade. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi dalam memastikan pemahaman (to scure understanding), dengan memberikan keterangan secara singkat pada setiap materi unggahan atau caption. Untuk membangun penerimaan (to establish acceptance) bentuk nyatanya adalah elalu merespon atau menjawab setiap kali ada komentar dari follower. Strategi komunikasi dalam memberikan motivasi, bentuknya adalah selalu mengunggah motivation image dengan quote terbaik, namun menggunakan bahasa yang santai. Strategi komunikasi dalam memberikan informasi (to inform), bentuknya adalah selalu memberikan informasi kepada komunikan seluruh kegiatan Sedekah Rombongan sebagai bentuk pertanggung jawaban. Strategi komunikasi dalam mempersuasi (to persuade) bentuk nyatanya adalah mengungah foto-foto pasien yang mengandung makna human interest dan yang bisa menumbuhkan rasa simpati komunikan. Secara keseluruhan Sedekah Rombongan telah melakukan strategi komunikasi dengan baik. Jejaring sosial Instagram merupakan media yang dipilih untuk mencapai target penggalangan dana sosial. Akan tetapi dalam pelaksanaanya masih menemui beberapa kendala yang dihadapi oleh pihak Sedekah Rombongan terkait dengan sumber daya manusia dalam mengelola akun Instagram. Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Dana sosial, dan Instagram

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nanang Mizwar H, S.sos., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Dana sosial, dan Instagram
Subjects: Komunikasi Islam
Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Jun 2016 08:34
Last Modified: 02 Jun 2016 08:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20813

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum