STUDI KASUS PERAN HUSNUL KHOTIMAH CARE DALAM KOMUNIKASI DAKWAH BAGI PASIEN RUMAH SAKIT NUR HIDAYAH BANTUL YOGYAKARTA

NAEILA KUN ‘ARIFAH, NIM 12210065 (2016) STUDI KASUS PERAN HUSNUL KHOTIMAH CARE DALAM KOMUNIKASI DAKWAH BAGI PASIEN RUMAH SAKIT NUR HIDAYAH BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI KASUS PERAN HUSNUL KHOTIMAH CARE DALAM KOMUNIKASI DAKWAH BAGI PASIEN RUMAH SAKIT NUR HIDAYAH BANTUL YOGYAKARTA)
12210065_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STUDI KASUS PERAN HUSNUL KHOTIMAH CARE DALAM KOMUNIKASI DAKWAH BAGI PASIEN RUMAH SAKIT NUR HIDAYAH BANTUL YOGYAKARTA)
12210065_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (719kB)

Abstract

Komunikasi dakwah tentunya bisa terjadi dimana saja, sekalipun itu tempat tertutup maupun terbuka. Salah satunya komunikasi dakwah yang terjadi di rumah sakit Nur Hidayah Bantul Yogyakarta. Penelitian yang membidik objek di rumah sakit ini mengambil judul “Komunikasi Dakwah Terhadap Pasien di Rumah Sakit Nur Hidayah Bantul Yogyakarta” dengan mengambil studi kasus Husnul Khotimah Care sebagai pelayanan dakwah di Rumah Sakit Nur Hidayah. Penelitian ini bertujuan unuk mengethaui komunikasi dakwah yang ada di Rumah sakit Nur Hidayah dengan petugas Hu Care sebagai dai dan pasien sebagai mad‟u. Penelitian dengan jenis metode penelitian kualitatif ini fokus menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dimana sebuah penelitian yang berusaha menggambarkan secara sistematis fakta dan karaketristik sebuah penelitian lapangan, dengan menggunakan skema analisis deskriptif. Penelitian ini mengutamakan pencarian data dengan bentuk observasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian diuraikan secara rinci. Wawancara dengan pihak terkait sangat membantu terselesainya karya ilmiah ini sebagai penguat data yang akan disajikan. Observasi juga sangat membantu dengan adanya kenyataan yang ada di lapangan dengan langsung mengetahui kejadian-kejadian komunikasi dakwah yang sedang berlangsung. Dengan penelitian tersebut diketahui adanya komunikasi dakwah intensif yang terjadi di dalam rumah sakit, yang kita ketahui bersama masih jarang sekali hal ini terjadi di rumah sakit lainnya. Komunikasi dakwah yang diajarkan dari pihak rumah sakit terhadap pasien terbukti bisa menenangkan psikologi pasien yang resah. Dengan kehadiran Husnul Khotimah Care banyak pasien yang merasa nyaman dan bisa mempertebal keimanan mereka ketika rawat inap (sakit). Komunikasi dakwah yang dikolaborasikan dengan teori Hikmah ternyata berhasil dilakukan dan sesuai dengan alur saat kunjungan. Pasien banyak yang merasa puas dengan pelayanan dakwah yang ada di Rumah Sakit Nur Hidayah. Kata Kunci : Komunikasi Dakwah, Husnul Khotimah Care, Pasien

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dra. Hj. ANISAH INDRIATI, M.Si
Uncontrolled Keywords: HUSNUL KHOTIMAH CARE, komunikasi
Subjects: Komunikasi Islam
Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Jun 2016 08:32
Last Modified: 02 Jun 2016 08:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20814

Actions (login required)

View Item View Item