PENANGGULANGAN KASUS KEMATIAN ANAK DAN IBU HAMIL DALAM UPAYA MENCAPAI TARGET MILLENIUM DEVELOPMENT GOALS (MDGS) 2015: Studi Kasus Kabupaten Kepulauan Meranti Provinsi Riau

HENDRA, NIM: 11230006 (2016) PENANGGULANGAN KASUS KEMATIAN ANAK DAN IBU HAMIL DALAM UPAYA MENCAPAI TARGET MILLENIUM DEVELOPMENT GOALS (MDGS) 2015: Studi Kasus Kabupaten Kepulauan Meranti Provinsi Riau. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENANGGULANGAN KASUS KEMATIAN ANAK DAN IBU HAMIL DALAM UPAYA MENCAPAI TARGET MILLENIUM DEVELOPMENT GOALS (MDGS) 2015: Studi Kasus Kabupaten Kepulauan Meranti Provinsi Riau)
11230006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENANGGULANGAN KASUS KEMATIAN ANAK DAN IBU HAMIL DALAM UPAYA MENCAPAI TARGET MILLENIUM DEVELOPMENT GOALS (MDGS) 2015: Studi Kasus Kabupaten Kepulauan Meranti Provinsi Riau)
11230006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penanggulangan Kasus Kematian Anak dan Ibu Hamil Dalam Upaya Mencapai Target Millenium Development Goals (MDGs) 2015: Studi Kasus Kabupaten Kepulauan Meranti Provinsi Riau”. Penelitian ini berbicara tentang upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti dalam hal ini adalah Dinas Kesehatan dan Kantor Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (PPPAKB) Kabupaten Kepulauan Meranti dalam menanggulangi kasus kematian anak dan ibu. Menekan angka kasus kematian anak dan meningkatkan kesehatan ibu adalah dua poin dari delapan target Millenium Development Goals yang mestinya tercapai pada tahun 2015. Namun banyak sekali tantangan yang mesti dihadapi untuk mencapai target tersebut, antara lain: minimnya fasilitas dan tenaga kesehatan terutama di pelosok desa, sulitnya akses menuju unit pelayanan kesehatan, bahkan kebiasaan masyarakat yang lebih memilih pengobatan tradisional menjadi tantangan tersendiri dalam menekan angka kasus kematian anak dan ibu di Indonesia tidak terkecuali di Kabupaten Kepulauan Meranti Provinsi Riau. Teori yang digunakan untuk membahas penelitian ini yakni menggunakan teori kebijakan publik yang fokus utamanya adalah pelayanan publik, termasuk pelayanan kesehatan terhadap masyarakat. Selain itu, juga digunakan sistem Top Down dan Bottom Up yang selalu ada di belakang suatu kebijakan atau program. Kemudian dilengkapi dengan teori perubahan sosial di masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang menggambarkan keadaan objek penelitian secara mendasar dan mendalam. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada perangkat daerah dan organisasi masyarakat yang terkait, yaitu Dinas Kesehatan, kantor PPAKB Kab. Kepulauan Meranti dan TP PKK Kab. Kepulauan Meranti atau TP PKK Kecamatan. Wawancara dan observasi juga dilakukan kepada tenaga kesehatan desa, penanggungjawab Posyandu dan masyarakat yang berkaitan dengan kasus kematian anak dan ibu. Hasil dari penelitian ini menjelaskan apa saja yang telah dilakukan oleh pemerintah untuk menanggulangi kasus kematian anak dan ibu di Kabupaten Kepulauan Meranti selama ini. Pemerintah melalui SKPD yang terkait telah melakukan upaya seperti: Meningkatkan kompetensi sumber daya kesehatan, pemberdayaan masyarakat melalui UKBM, memaksimalkan BOK, meningkatkan akseptor KB, pendewasaan usia perkawinan, dan kampanye untuk anya memiliki dua anak. Terlepas dari itu masih banyak sekali pembenahan yang harus dilakukan pemerintah dalam memberikan pelayanan kesehatan guna meningkatkan derajat kesejahteraan masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti pada umumnya. Kata kunci: Penanggulangan Kasus Kematian Anak dan Ibu Hamil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Abdur Rozaki, S.Ag., M.Si
Uncontrolled Keywords: Penanggulangan Kasus Kematian Anak dan Ibu Hamil.
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Jun 2016 08:32
Last Modified: 02 Jun 2016 08:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20829

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum