PEMBERDAYAAN JANDA MELALUI PROGRAM PEMBINAAN RUMAH USAHA MANDIRI OLEH LEMBAGA SOSIAL KEMANUSIAAN DOMPET SEJUTA HARAPAN: Studi Kelompok Bunda Sejahtera Di Desa Basin, Kecamatan Kebonarum, Kabupaten Klaten

ANNAS RAIS AL-MUNFIQ, NIM.11230015 (2016) PEMBERDAYAAN JANDA MELALUI PROGRAM PEMBINAAN RUMAH USAHA MANDIRI OLEH LEMBAGA SOSIAL KEMANUSIAAN DOMPET SEJUTA HARAPAN: Studi Kelompok Bunda Sejahtera Di Desa Basin, Kecamatan Kebonarum, Kabupaten Klaten. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN JANDA MELALUI PROGRAM PEMBINAAN RUMAH USAHA MANDIRI OLEH LEMBAGA SOSIAL KEMANUSIAAN DOMPET SEJUTA HARAPAN: Studi Kelompok Bunda Sejahtera Di Desa Basin, Kecamatan Kebonarum, Kabupaten Klaten)
11230015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN JANDA MELALUI PROGRAM PEMBINAAN RUMAH USAHA MANDIRI OLEH LEMBAGA SOSIAL KEMANUSIAAN DOMPET SEJUTA HARAPAN: Studi Kelompok Bunda Sejahtera Di Desa Basin, Kecamatan Kebonarum, Kabupaten Klaten)
11230015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Annas Rais Al-Munfiq. Nim. 11230015. PEMBERDAYAAN JANDA MELALUI PROGRAM PEMBINAAN RUMAH USAHA MANDIRI OLEH LEMBAGA SOSIAL KEMANUSIAAN DOMPET SEJUTA HARAPAN: Studi Kelompok Bunda Sejahtera Di Desa Basin, Kecamatan Kebonarum, Kabupaten Klaten. Pembimbing Dr. Pajar Hatma Indra Jaya, S.Sos., M.Si. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga, 2015. Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya kemiskinan yang sudah menimpa Negara Indonesia sejak lama, baik itu di kota besar maupun di kota kecil. Salah satu kota tersebut adalah Klaten. Klaten merupakan sebuah Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah, di mana pada tahun 2012 jumlah penduduk miskinnya sebanyak 187.900 jiwa, sedangkan pada tahun 2013 turun menjadi 179.500 jiwa. Berdasarkan data kemiskinan tersebut, maka perlu adanya bantuan dari suatu lembaga untuk melakukan penanganan. Salah satu lembaga tersebut adalah Lembaga Sosial Kemanusiaan Dompet Sejuta Harapan (DSH). Lembaga Sosial Kemanusiaan DSH menghimpun dana dari masyarakat melalui zakat infaq, sodaqoh, dan membangun mitra dengan beberapa perusahaan, kemudian memanfaatkan dana tersebut sebagai alat pendukung dalam membantu mensejahterakan masyarakat kurang mampu. Salah satu desa yang menerima bantuan tersebut adalah masyarakat Desa Basin, Kecamatan Kebonarum, Kabupaten Klaten. Di mana yang menjadi subyeknya adalah para janda. Melalui Program Rumah Usaha Mandiri inilah, janda-janda tersebut dibina dan di berdayakan agar mampu menjadi wirausahawan-wirausawan yang mandiri dan berdaya. Berdasarkan latar belakang di atas maka rumusan masalah penelitian ini yaitu: Pertama, bagaimana tahapan pembinaan Lembaga Sosial Kemanusiaan DSH tehadap janda-janda pada Kelompok Bunda Sejahtera melalui Program Rumah Usaha Mandiri. Kedua, bagaimana hasil dari pembinaan Lembaga Sosial Kemanusiaan DSH tehadap janda-janda pada Kelompok Bunda Sejahtera melalui Program Rumah Usaha Mandiri. Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan dilakukan dengan cara melakukan wawancara baku terbuka dengan jumlah informan 6 orang, yaitu bapak direktur lembaga, ibu ketua kelompok, ibu sekretaris kelompok, ibu bendahara kelompok, dan 2 ibu anggota kelompok. Kemudian dilanjutkan dengan metode observasi, dan dokumentasi. Metode penentuan informan menggunakan metode purposive. Hasil penelitian ini meliputi: Pertama, tahapan program pembinaan Lembaga Sosial Kemanusiaan DSH terhadap ibu-ibu janda di Desa Basin, Kecamatan Kebonarum, Kabupaten Klaten, yaitu berupa: penyuluhan, pembentukan kelompok usaha, pemberian bantuan modal, pelatihan, dan pendampingan. Kedua, hasil dari program pembinaan Lembaga Sosial Kemanusiaan DSH terhadap ibuibu janda di Desa Basin, Kecamatan Kebonarum, Kabupaten Klaten, yaitu mendapatkan pengetahuan, mendapatkan keterampilan, mendapatkan modal usaha dan mendapatkan pendapatan tambahan. Kata Kunci: Pemberdayaan Janda, Program Pembinaan, Lembaga Sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Pajar Hatma Indra Jaya, S.Sos, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Janda, Program Pembinaan, Lembaga Sosial.
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Jun 2016 02:26
Last Modified: 07 Jun 2016 02:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20830

Actions (login required)

View Item View Item