PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI KOPERASI (Studi Langkah-Langkah Pemberdayaan di Koperasi Kerajinan Keparakan Mandiri Sejahtera (KOKKMAS) Kelurahan Keparakan, Kecamatan Mergangsan, Kota Yogyakarta)

FIRMAN ARIEF PRATDITYA, NIM : 11230032 (2016) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI KOPERASI (Studi Langkah-Langkah Pemberdayaan di Koperasi Kerajinan Keparakan Mandiri Sejahtera (KOKKMAS) Kelurahan Keparakan, Kecamatan Mergangsan, Kota Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI KOPERASI (Studi Langkah-Langkah Pemberdayaan di Koperasi Kerajinan Keparakan Mandiri Sejahtera (KOKKMAS) Kelurahan Keparakan, Kecamatan Mergangsan, Kota Yogyakarta))
11230032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI KOPERASI (Studi Langkah-Langkah Pemberdayaan di Koperasi Kerajinan Keparakan Mandiri Sejahtera (KOKKMAS) Kelurahan Keparakan, Kecamatan Mergangsan, Kota Yogyakarta))
11230032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Pemberdayaan Masyarakat Melalui Koperasi (Studi Langkah-Langkah pemberdayaan di Koperasi Kerajinan Keparakan Mandiri Sejahtera (KOKKMAS) Kelurahan Keparakan, Kecamatan Mergangsan, Kota Yogyakarta). Penelitian ini tentang pemberdayaan masyarakat atau anggota koperasi pengrajin skala rumahan. Koperasi sebagai pengolahan dan pemberdayaan masyarakat salah satu diantaranya yaitu Koperasi Kerajinan Keparakan Mandiri Sejahtera “KOKKMAS Penelitian ini merupakan penlitian deskriptif kualitatif. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana langkah-langkah pemberdayaan masyarakat pengrajin kulit yang dilakukan oleh Koperasi Kerajinan Keparakan Mandiri Sejahtera (KOKKMAS)? (2) Bagaimana partisipasi anggota koperasi dalam mengikuti program pemberdayaan yang dilakukan oleh Koperasi Kerajinan Keparakan Mandiri Sejahtera (KOKKMAS)? Metode Penelitian ini yang digunakan meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa dalam langkah langkah pemberdayaan KOKKMAS bahwa pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh Koperasi Kerajinan Keparakan Mandiri Sejahtera dalam meningkatkan perkonomian pengrajin kulit sepatu dan sandal dengan cara pembentukan kelompok, pedampingan, perencanaan kegiatan serta hasil kegiatan, dan kegiatannya dengan pelatihan kewirausahaan, pembimbingan, pengadaan alat produksi, promosi, simpan pinjam, sampai dengan pemberian modal. Terkait kerjasama dengan pihak pemerintah dalam hal ini adalah Dinas Perdagangan Industri dan Koperasi kota maupun provinsi dan adanya pengelolaan yang di lakukan oleh pengurus Koperasi Kerajinan Keparakan Mandiri Sejahtera dalam meningkatkan mutu dan kualitas produk dan peningkatan produksi demi kesejahteraa anggota. Terutama para pengrajin kulit sepatu dan sandal yang dijadikan sebagai sasaran pembangunan. Partisipasi aktif anggota Koperasi Keparakan Mandiri Sejahtera mampu mendorong tercapainya tujuan Koperasi Keparakan Kidul Mandiri Sejahtera dalam rangka meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat Kampung Keparakan Kidul kususnya para pengrajin sepatu dan sandal kulit. Kata Kunci: Langkah-langkah pemberdayaan koperasi dan Partisipasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. H. Afif Rifai, M.S.
Uncontrolled Keywords: Langkah-langkah pemberdayaan koperasi dan Partisipasi
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Jun 2016 00:43
Last Modified: 03 Jun 2016 00:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20832

Actions (login required)

View Item View Item