PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN BARBERSHOP (Studi Kasus Tiga Pengusaha Barbershop di Kabupaten Sleman D. I. Yogyakarta)

LUTFIYANTO, NIM: 11230079 (2016) PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN BARBERSHOP (Studi Kasus Tiga Pengusaha Barbershop di Kabupaten Sleman D. I. Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN BARBERSHOP (Studi Kasus Tiga Pengusaha Barbershop di Kabupaten Sleman D. I. Yogyakarta))
11230079_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN BARBERSHOP (Studi Kasus Tiga Pengusaha Barbershop di Kabupaten Sleman D. I. Yogyakarta))
11230079_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Sebagian orang mengatakan sekarang ini merupakan keadaan yang cukup sulit untuk memperlebar peluang bisnis. Hal ini membuat para pelaku bisnis memutar otak dan mencari lahan bisnis yang cukup prospektif. Tuntutan peran dan pekerjaan, hingga padatnya aktivitas yang harus terpenuhi membuat seseorang harus memaksimalkan tenaga hingga mendapatkan hasil yang memuaskan. Banyak potong rambut atau tempat perawatan yang hanya menawarkan potong rambut dan kulit saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan beberapa strategi yang dilakukan oleh tiga pengusaha barbershop dalam mengembangkan wirausahanya, hasil yang diproleh, serta faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat upaya pengembangan wirausaha barbershop. Dalam penelitian ini yang menjadi subyek adalah tiga orang pengusaha barbershop, beserta para pelaksana dan pihak-pihak yang terkait dengan kegiatan pengembangan kewirausahaan barbershop di Sleman Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, dokumentasi dan observasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif dengan metode deskriptif-analitis (methode kepenulisan yang digunakan untuk membahas suatu permasalahan dengan cara meneliti, menganalisis, menginterpretasikan hal yang ditulis dengan pembahasan yang teratur dan sistematis di tutup dengan kesimpulan). Hasil penelitian menemukan bahwa dalam membuka bisnis barbershop banyak hal yang perlu disiapkan starategi untuk memulainya, berikut ini beberapa strategi untuk mengembangkan usaha barbershop, Antara lain: 1) Lokasi yang strategis (dekat dengan kos-kosan, kampus/sekolah, dan pasar). 2) Tempat Usaha (interior dan eksterior yang memadai) 3). Ketenangan tempat usaha. 4) Nyaman dan sejuk. Seperti ada AC dan fasilitas lainnya. 5) Kenyamanan : adalah hal yang dicari pelanggan. 6) Tenaga Ahli/tukang potong yang sangat ahli dibidang hal potong rambut dan di imbangi dengan keahlian yang lainnya seperti semir, criembath, pijat, hair tatto. Kata kunci: Strategi, factor pendukung dan penghambat, hasil yang diperoleh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. H. Moh. Abu Suhud, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Strategi, factor pendukung dan penghambat, hasil yang diperoleh.
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 Jun 2016 10:52
Last Modified: 06 Jun 2016 10:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20833

Actions (login required)

View Item View Item