PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MISKIN KOTA OLEH TIM ADVOKASI ARUS BAWAH (TAABAH): Studi di Komunitas Ledhok Timoho, Balerejo RT 50/05 Mujamuju, Umbulharjo, Yogyakarta

WAHYUNI, NIM 12230016 (2016) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MISKIN KOTA OLEH TIM ADVOKASI ARUS BAWAH (TAABAH): Studi di Komunitas Ledhok Timoho, Balerejo RT 50/05 Mujamuju, Umbulharjo, Yogyakarta. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MISKIN KOTA OLEH TIM ADVOKASI ARUS BAWAH (TAABAH): Studi di Komunitas Ledhok Timoho, Balerejo RT 50/05 Mujamuju, Umbulharjo, Yogyakarta)
12230016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MISKIN KOTA OLEH TIM ADVOKASI ARUS BAWAH (TAABAH): Studi di Komunitas Ledhok Timoho, Balerejo RT 50/05 Mujamuju, Umbulharjo, Yogyakarta)
12230016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Wahyuni, 12230016. Pemberdayaan Masyarakat Miskin Kota oleh Tim Advokasi Arus Bawah (TAABAH): Studi di Komunitas Ledhok Timoho, Balerejo RT 50/05 Mujamuju, Umbulharjo, Yogyakarta. Pembimbing Dr. Aziz Muslim. M.Pd. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga, 2016. Fokus penelitian ini adalah konsep, implementasi dan hasil pemberdayaan masyarakat miskin kota yang dilakukan oleh Tim Advokasi Arus Bawah (TAABAH). TAABAH didirikan sebagai media dan fasilitasi atas berbagai permasalahan sosial yang dialami kaum miskin kota dan kaum jalanan di wilayah DIY. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan konsep, implementasi dan hasil program pemberdayaan masyarakat miskin kota oleh TAABAH di Ledhok Timoho, Balerejo RT 50/05 Mujamuju, Umbulharjo, Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, yaitu pengamatan suatu obyek dan menginterprestasikannya dalam uraian kata-kata. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu dengan mengumpulkan data, menyajikan data dalam teks naratif, dan pengambilan kesimpulan. Pengambilan informan dalam penelitian ini menggunakan snawball. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa konsep TAABAH dalam memberdayakan masyarakat miskin kota di Ledhok Timoho secara garis besar adalah mengangkat harkat dan martabat masyarakat. Implementasi pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh TAABAH dengan cara melibatkan seluruh partisipasi masyarakat sehingga mempunyai manfaat atau hasil bagi masyarakat Ledhok Timoho. Hasil dari pemberdayaan yang dilakukan oleh TAABAH yaitu: pertama, hasil berbentuk material seperti adanya Sekolah Gajah Wong, bak sampah dan lain-lain. Kedua, hasil berbentuk kemandirian seperti adanya usaha bagi masyarakat. Kata Kunci: Pemberdayaan, TAABAH, Masyarakat Miskin Kota.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Aziz Muslim, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, TAABAH, Masyarakat Miskin Kota.
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Jun 2016 09:26
Last Modified: 07 Jun 2016 09:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20835

Actions (login required)

View Item View Item