STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT OLEH PENGURUS PEMBERDAYAAN DAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (PKK): Studi di Kampung Demangan RW 05, Kelurahan Demangan, Kecamatan Gondokusuman, Yogyakarta

SAPARWADI, NIM 12230053 (2016) STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT OLEH PENGURUS PEMBERDAYAAN DAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (PKK): Studi di Kampung Demangan RW 05, Kelurahan Demangan, Kecamatan Gondokusuman, Yogyakarta. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT OLEH PENGURUS PEMBERDAYAAN DAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (PKK): Studi di Kampung Demangan RW 05, Kelurahan Demangan, Kecamatan Gondokusuman, Yogyakarta)
12230053_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT OLEH PENGURUS PEMBERDAYAAN DAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (PKK): Studi di Kampung Demangan RW 05, Kelurahan Demangan, Kecamatan Gondokusuman, Yogyakarta)
12230053_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Berangkat dari permasalahan sosial yang ada di masyarakat khususnya pada tingkat keluarga, seperti KDRT (Kekerasan dalam Rumah Tangga), banyaknya masyarakat yang menganggur dan tidak memiliki kegiatan yang jelas (dalam hal ini adalah ibu-ibu rumah tangga), sehingga menjadikan masyarakat tidak produktif. Sebenarnya sudah banyak program pemerintah dalam hal pemberdayaan, seperti program PNPM mandiri, yang di dalamnya juga ada program pemberdayaan masyarakat. Akan tetapi dari program tersebut belum berjalan maksimal, dan realitanya masih banyak permasalahan-permasalahan yang timbul dari masyarakat. Di kampung Demangangan RW 05 ternyata ada salah satu program guna menangani permasalahan tersebut, yaitu melalui sebuah program pemberdayaan masyarakat yaang disebut dengan program PKK (Peberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga). Berdasrkan latar belakang tersebut maka muncul pertayaan tentang bagaimana strategi dan hasil pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh pengurus pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga (PKK) dalam pemberdayaan masyarakat di kampung Demangan RW 05 kecamatan Gondokusuman Yogyakarta. Untuk menjawab rumusan masalah tersebut peneliti menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif bertujuan untuk menggambarkan keadaan atau fenomena yang ada di lapangan. Dan teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Dalam penelitian ini penentuan informan menggunakan tekhnik secara purposive dan snowball. Hasil dari penelitian ini adalah. Pertama, strategi dalam pemberdayaan masyarakat oleh pengurus PKK Kampung Demangan RW 05 melalui lima tahap diantaranya adalah: (1) tahap sosialisasi. (2) tahap fasilitasi (3) tahap pemetaan tempat (4) tahap perencanaan (5) tahap pelaksanaan. Kedua, hasil pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh pengurus PKK dalam pemberdayaan masyarakat di Kampung Demangan RW 05, menunjukkan bahwa pengurus PKK Kampung Demangan berperan dalam pemenuhan kebutuhan dasar, jangkauan sumber produktif, dan partisipasi dalam proses pembangunan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama pada kondisi sosial serta ekonomi masyarakat. Kata Kunci: Strategi Pemberdayaan, PKK, Kampung Demangan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Suyanto, S.Sos., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemberdayaan, PKK, Kampung Demangan
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Jun 2016 08:31
Last Modified: 02 Jun 2016 08:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20839

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum