PEMBERDAYAAN LANSIA MELALUI USAHA EKONOMI PRODUKTIF OLEH BINA KELUARGA LANSIA (BKL) MUGI WARAS DUSUN BLENDUNG DESA SUMBERSARI KECAMATAN MOYUDAN KABUPATEN SLEMAN

FEBRIYATI, NIM 12230069 (2016) PEMBERDAYAAN LANSIA MELALUI USAHA EKONOMI PRODUKTIF OLEH BINA KELUARGA LANSIA (BKL) MUGI WARAS DUSUN BLENDUNG DESA SUMBERSARI KECAMATAN MOYUDAN KABUPATEN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN LANSIA MELALUI USAHA EKONOMI PRODUKTIF OLEH BINA KELUARGA LANSIA (BKL) MUGI WARAS DUSUN BLENDUNG DESA SUMBERSARI KECAMATAN MOYUDAN KABUPATEN SLEMAN)
12230069_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN LANSIA MELALUI USAHA EKONOMI PRODUKTIF OLEH BINA KELUARGA LANSIA (BKL) MUGI WARAS DUSUN BLENDUNG DESA SUMBERSARI KECAMATAN MOYUDAN KABUPATEN SLEMAN)
12230069_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Lansia adalah seseorang yang berusia 60 (enam puluh) tahun keatas. Lansia mengalami berbagai permasalahan baik itu ditinjau dari segi fisik, psikis, ekonomi maupun sosial. Adanya permasalahan yang dihadapi oleh lansia perlu tindakan nyata yang dapat diwujudkan dengan pemberdayaan lansia. Di Kabupaten Sleman terdapat kelompok BKL Mugi Waras yang melakukan pemberdayaan lansia melalui usaha ekonomi produktif. Adanya usaha ekonomi produktif diharapkan dapat membantu lansia dalam mensejahterakan kehidupannya sekaligus mengisi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji, dan mendeskripsikan mengenai tahapan dan hasil pemberdayaan lansia melalui usaha ekonomi produktif oleh BKL Mugi Waras Dusun Blendung Desa Sumbersari Kecamatan Moyudan Kabupaten Sleman. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik penentuan informan menggunakan teknik bola salju (snow balling). Sedangkan untuk teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Data-data yang telah diperoleh dapat dilihat validitas datanya dengan melalui beberapa tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan terakhir adalah penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberdayaan lansia melalui usaha ekonomi produktif melalui 5 tahapan yang meliputi, Pertama Tahap Penyadaran, dalam tahap ini dilakukan dengan cara diskusi dan sosialisasi kepada lansia. Kedua Tahap Identifikasi Kebutuhan dan Perencanaan, dalam tahap ini dilakukan identifikasi terhadap potensi wilayah, potensi lansia sehingga dapat mendukung untuk perencanaan dalam pemilihan alternatif jenis usaha. Ketiga Tahap Pelaksanaan, dalam tahap ini diberikan beberapa fasilitas yang mendukung kegiatan usaha ekonomi produktif yaitu simpan pinjam, pelatihan, dan pendampingan. Keempat Tahap Pengembangan, dalam tahap ini dilakukan pengembangan usaha dengan cara promosi dengan masyarakat, dan promosi ketika ada kunjungan dan pameran. Kelima Tahap Evaluasi, tahap ini dilakukan untuk mengevaluasi terhadap usaha yang telah dijalankan. Sedangkan untuk hasil pemberdayaan lansia melalui usaha ekonomi produktif adalah pemenuhan kebutuhan lansia, peningkatan pendapatan lansia, dan partisipasi lansia. Kata Kunci: Pemberdayaan Lansia, Usaha Ekonomi Produktif, BKL Mugi Waras.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Suyanto, S.Sos., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Lansia, Usaha Ekonomi Produktif, BKL Mugi Waras.
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Jun 2016 08:35
Last Modified: 02 Jun 2016 08:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20840

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum